Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pemkot Depok Serukan Iduladha 2024 Tanpa Sampah Plastik

JD 03 - berita depok
Sabtu, 15 Juni 2024, 17:47 WIB
News
SENomor 660.2/365-DLHK yang menetapkan pelaksanaan Hari Raya Iduladha tahun 2024 tanpa sampah plastik. (Gambar : Tangkapan Layar)

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengeluarkan Surat Edaran Nomor 660.2/365-DLHK yang menetapkan pelaksanaan Hari Raya Iduladha tahun 2024 tanpa sampah plastik.

Surat edaran ini, telah ditandatangani oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris, bertujuan untuk mengurangi timbunan sampah plastik yang biasanya meningkat saat pembagian daging kurban.

Dalam SE menjelaskan, Hari Raya Iduladha 2024 (1445 Hijriah) merupakan momen bagi umat muslim di Indonesia untuk melaksanakan ibadah kurban dengan menyembelih hewan kurban dan membagikan dagingnya kepada masyarakat. 

Namun, penggunaan kantong plastik sekali pakai dalam pembagian daging kurban seringkali menimbulkan masalah lingkungan karena plastik sulit dikelola dan dapat mengurangi kekhidmatan pelaksanaan ibadah kurban.

Dalam surat edaran tersebut, Pemkot Depok menekankan pentingnya menjaga lingkungan hidup yang bersih dan sehat dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. 

Untuk itu, warga dianjurkan untuk menggunakan wadah alternatif yang mudah dikelola seperti daun jati, daun pisang, wadah anyaman bambu (besek), atau wadah lain yang dapat digunakan ulang, didaur ulang, atau dikomposkan.

Selanjutnya, Pemkot Depok juga menginstruksikan kepada Kepala Perangkat Daerah, Camat, dan Lurah untuk menyebarluaskan informasi mengenai Iduladha tanpa sampah plastik, baik secara langsung maupun melalui media sosial dan digital kepada masyarakat luas di wilayah masing-masing. 

Mereka juga diimbau untuk mengajak panitia pembagian daging kurban agar tidak menggunakan kantong plastik serta mengajak masyarakat untuk membawa wadah sendiri.

Selain itu, agar di setiap tempat penyembelihan menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah, seperti tempat sampah terpilah dan alat pengumpul sampah terpilah di lokasi pelaksanaan Salat Iduladha dan pembagian daging kurban. 

Kemudian, dibentuk satuan tugas khusus di lapangan untuk menangani sampah sekaligus menjadi tenaga edukasi untuk mengurangi sampah plastik.

Pengumpulan dan pengangkutan sampah di lokasi pelaksanaan Salat Iduladha dan pembagian daging kurban juga akan dilakukan untuk memastikan kebersihan tetap terjaga.

Dalam SE tersebut, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, menekankan pentingnya pelaksanaan Iduladha tanpa sampah plastik dalam mendorong kebiasaan baru yang minim sampah.

Dokumentasi dan laporan kegiatan pelaksanaan ini dapat dilaporkan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui tautan bit.ly/LaporanIdulAdhaTanpaSampahPlastik2024.

Pemkot Depok berharap inisiatif ini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat, serta memperkuat kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik. (JD 03/ED 02)