Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Usai Pelatihan, Puluhan Warga Kalibaru Jalani Uji Sertifikasi Tata Rias

JD 05 - berita depok
Jumat, 28 Juni 2024, 17:12 WIB
Foto: dok. Kelurahan Kalibaru. 20 peserta mengikuti uji sertifikasi tata rias kecantikan, di LPK Dina, Kecamatan Pancoran Mas, Jumat (28/06/24).

berita.depok.go.id - Sebanyak 20 warga Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong mengikuti uji sertifikasi tata rias kecantikan di Lembaga Pelatihan Kerja Dina, Jumat (28/06/24). Ujian sertifikasi ini bertujuan untuk menilai kemampuan peserta setelah mengikuti pelatihan selama empat hari, 24-27 Juni 2024.

Lurah Kalibaru, Nayadih menjelaskan, pihaknya menggandeng LPK Dina untuk melatih warga yang notabenenya wanita untuk mempelajari tata rias yang baik. Setelah itu diuji kemampuan mereka oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) untuk mendapatkan sertifikat.

"Nanti hasilnya tiga bulan ke depan, kami menilai selama empat hari ini peserta sudah bagus dalam belajar dan tadi ujian sertifikasinya semoga semua lulus," jelasnya kepada berita.depok.go.id, usai pelatihan.

Nayadih menuturkan, peluang kerja di bidang tata rias atau makeup artist (MUA) cukup besar di masa kini, seiring dengan berkembangnya industri kosmetik dan teknik merias.

"Kami berharap muncul circle keterampilan khususnya tata rias kecantikan di Kelurahan Kalibaru," tuturnya.

Selama pelatihan, lanjut Nayadih, peserta mendapatkan materi tentang menerapkan lingkungan kerja bersih dan aman sesuai prinsip kesehatan dan keselamatan kerja. Melakukan persiapan kerja.

"Lalu melakukan komunikasi dengan pelanggan, merias wajah panggung, menjual produk dan jasa kecantikan, dan materi pemasangan hijab," ungkapnya.

Sebagai informasi, pelatihan yang telah dilaksanakan empat hari lalu dibuka langsung oleh Camat Cilodong, Zainal Arifin. Hari ini, kegiatan uji sertifikasi ditutup oleh Sekretaris Kelurahan Kalibaru, Heru Siswanto. (JD 05/ED 02)