Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Upaya Pemkot Depok Tangani Covid-19 Diapresiasi

JD 02 - berita depok
Senin, 9 Maret 2020, 21:10 WIB

Ketua Divisi Alergi Imunologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Samsuridjal Djauzi saat acara egiatan Sosialisasi Peningkatan Kesiapsiagaan Terhadap Coronavirus atau bisa disebut Covid-19. (Foto: JD04/Diskominfo)

berita.depok.go.id-Ketua Divisi Alergi Imunologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Samsuridjal Djauzi memberikan apresiasi terhadap upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menanggulangi Coronavirus atau Covid-19. Pasalnya, Pemkot Depok sudah gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Upaya Pemkot Depok sudah maksimal. Pemkot Depok sudah punya pedoman, tinggal bagaimana mengomunikasikan dengan masyarakat, sehingga mereka mendapatkan informasi yang baik," kata Samsuridjal kepada berita.depok.go.id usai kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kesiapsiagaan Terhadap Coronavirus atau bisa disebut Covid-19 di aula lantai 10 Gedung Dibaleka II, Senin (09/03/20).

Lebih lanjut, ucapnya, Presiden Joko Widodo sudah menunjuk satu tim untuk menangani Corona. Tim tersebut sudah mengeluarkan berbagai pedoman di bidang kesehatan, ekonomi, transportasi dan informasi.

"Pedoman itu yang dipakai untuk berbagai macam bidang. Jadi kita secara nasional menghadapi Corona dan Depok merupakan bagian tersebut, akan mengikuti program nasional. Tetapi khusus masalah terkait dengan Depok, Pemkot sendiri yang akan mengatasinya," terangnya.

Dia menuturkan, virus Corona bukan saja masalah pemerintah. Sebab, ini masalah bersama baik pemerintah, masyarakat dan akademisi untuk bersama-sama menanggulanginya. Dan, ujarnya, Kota Depok beruntung karena banyak akademisi dan universitas yang bisa digunakan untuk banyak hal, sesuai dengan kebijakan.

"Misalnya di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RS UI) banyak fasilitas jika sekiranya dibutuhkan bisa dilakukan kerja sama. Karema Pemkot Depok punya RSUD, mungkin juga RS lain," tuturnya.

Samsuridjal berpesan kepada masyarakat untuk menanggulangi Coronavirus. Yang paling penting adalah membiasakan mencuci tangan dengan sabun, jika batuk pakai pelindung dan tidak berkumpul di keramaian kecuali ada urusan penting.

"Membudayakan Germas untuk segala macam penyakit baik penyakit menular lama maupun penyakit kronik. Karena ada anjuran makan, olahraga, tidur cukup," tandasnya. (JD02/ED02/EUD 02)