Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Diskarpus Ikut Rayakan Hari Puisi Nasional

JD09 - berita depok
Kamis, 29 April 2021, 6:13 WIB

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah.

berita.depok.go.id-Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok ikut merayakan Hari Puisi Nasional yang jatuh pada 28 April 2021. Hal tersebut sebagai pengingat tentang salah satu penyair legendaris Indonesia yaitu Chairil Anwar yang wafat pada tanggal 28 April tahun 1949. 

Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah menuturkan H.B. Jassin menobatkan Chairil Anwar sebagai Pelopor Angkatan 45 ,menandai era puisi modern Indonesia. Maka, Hari Puisi Nasiona juga dalam rangka mengenang Chairil Anwar, yang telah banyak melahirkan karya sastra terutama puisi.

"Chairil Anwar terkenal dengan gagasan puisinya yang mendobrak. Puisi Aku,  yang ditulis tahun 1943, dimuat di majalah Timur pada 1945 dan dianggap sebagai puisi yang besar pengaruhnya pada Angkatan 45," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (28/04/21)

Menurutnya, puisi bagian dari literasi Sastra. Berpuisi mengahaluskan jiwa dan puisi juga sebagai mahkota sastra. 

Lebih lanjut ucapnya, Diskarpus Kota Depok selalu memasukkan kegiatan berpuisi dalam salah satu kegiatan literasi. Sambungnya, baik dalam bentuk lomba maupun bentuk perform lainnya.

"Dengan bekerja sama dan melibatkan komunitas pegiat literasi di Kota Depok. Selamat Hari Puisi Nasional," tandasnya. (JD 09)