Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

News Pemerintahan
ASN Diskominfo Depok Diajak untuk Tanggap Terhadap Perubahan
JD10 - berita depok

202
Jumat, 20 Sep 2024, 12:50 WIB

Suasana kegiatan pembinaan karakter ASN Diskominfo Depok, Kamis (19/09/24).

berita.depok.go.id - berita.depok.go.id - Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok diajak untuk tanggap terhadap perubahan yang terjadi. 

Hal ini disampaikan saat acara pembinaan karakter bagi ASN Diskominfo Kota Depok, pada Kamis (19/09/24) kemarin. 

"Perubahan adalah sebuah kondisi yang berbeda dari sebelumnya. Perubahan dimaksud adalah dalam keadaan lebih baik dari kondisi sebelumnya," ujar Ustaz Asep Syaifullah selaku narasumber pada kegiatan kali ini.

Dirinya mengatakan, terjadinya perubahan bisa karena beberapa faktor, pertama karena ingin mencapai target yang maksimal dan optimal serta terkait dengan strategi pencapaian.

Kedua, terjadi perubahan pada cara pandang, sehingga dibutuhkan pandangan baru untuk mengadaptasi pandangan-pandangan yang berkembang. 

Ketiga, terjadi perubahan metode cara melakukan pekerjaan dan berkembangnya metode dan cara baru dalam dunia kerja menuntut adaptasi yang cepat. 

Selanjutnya yang keempat, munculnya kebijakan-kebijakan sehingga memengaruhi peraturan dan ketentuan turunannya dan terakhir, perubahan formasi serta penempatan Sumber Daya Manusia (SDM). 

"Menghadapi perubahan menjadi suatu keharusan bagi setiap individu di tempat kerja. Perubahan ini bisa berasal dari berbagai faktor seperti kemajuan teknologi, perubahan kebijakan perusahaan, restrukturisasi organisasi, atau bahkan respons terhadap perubahan dalam pasar," katanya.

"Sebagai profesional, memiliki keterampilan adaptasi yang kuat dan sikap terbuka terhadap perubahan menjadi landasan keberhasilan. Memahami bahwa perubahan adalah sesuatu yang tidak terhindarkan, anda dapat memanfaatkannya sebagai peluang untuk pertumbuhan dan pengembangan pribadi maupun organisasi," tambahnya.

Dirinya menjelaskan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menghadapi perubahan.

Yakni, fleksibilitas ruang kerja, fleksibilitas ini menciptakan peluang bagi individu untuk menciptakan keseimbangan yang lebih baik antara kehidupan pribadi dan profesional.

Tren work from home atau work from anywhere yang semakin meningkat semenjak pandemi juga membuat banyak perusahaan melakukan perubahan terhadap lingkup ruang kerja karyawannya. 

"Lalu ada kolaborasi dan keterhubungan karyawan. Peningkatan korelasi antar karyawan menjadi ciri khas dari era kerja baru ini. Meskipun terpisah secara fisik, tim menjadi lebih terhubung secara virtual. Kolaborasi dan saling mendukung menjadi kunci keberhasilan di era di mana kehadiran fisik bukan lagi satu-satunya indikator keterhubungan," jelasnya.

"Mobilitas karir yang tinggi, generasi sekarang ini memiliki mobilitas karir yang tinggi. Mereka dapat mengambil beberapa kali perubahan karir selama hidupnya, menciptakan peluang eksplorasi dan pertumbuhan yang lebih luas. Switch career bukan lagi menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Banyaknya kesempatan dan peluang dapat membuat karyawan memilih jenjang karir yang berbeda di masa depan," tambah Ustaz Asep. 

Lalu ada, digitalisasi sistem kerja, sistem kerja digital dan fleksibel semakin diterapkan karena pemanfaatan alat-alat digital mempercepat proses bisnis, memungkinkan pengelolaan tugas yang efisien, dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan. 

Digitalisasi sistem kerja juga dapat memangkas birokrasi yang ada sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien. 

"Peningkatan kemampuan adaptasi dan pengembangan skill. Pentingnya kemampuan adaptasi dan pengembangan skill yang tinggi semakin terasa. Profesional masa depan harus siap untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan baru demi menjawab," ujarnya.  

Tips atau cara menghadapi perubahan di tempat kerja, menerima dan mengakui perubahan, fokus pada yang dapat dikendalikan, bersikap proaktif, dapatkan perspektif baru dan berpikiran positif.

Demikian juga halnya dengan dunia kerja lingkup birokrasi, terhadap segala perubahan dan perkembangan yang terjadi, harus melakukan adaptasi. 

"Dalam kaitannya ASN BERAKHLAK, adaptasi yang dimaksud adalah cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan, terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas dan bertindak pro aktif," tutupnya. (JD10/ED 01). 



Apa reaksi anda?
0
0
0
0
0
0
0