Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tingkatkan Pelayanan, Dinkes Depok Gelar Workshop Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu dan Posbindu

JD 02 - berita depok
Jumat, 8 Maret 2024, 9:35 WIB
Kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu dan Posbindu di Kota Depok secara hybrid, Kamis (07/03/24). (Foto: Dokumentasi Dinkes Depok).

berita.depok.go.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengadakan kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) di Kota Depok secara hybrid, Kamis (07/03/24).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Kota Depok, Zakiah mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas kader Posyandu dan Posbindu sebagai garda terdepan dalam memberikan layanan dasar kesehatan kepada masyarakat.

“Peningkatan kapasitas dimaksudkan agar kader dapat mendukung pelaksanaan integrasi layanan primer demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” jelasnya, kepada berita.depok.go.id. 

Dirinya mengungkapkan, transformasi pelayanan kesehatan di Posyandu dan Posbindu saat ini fokus pada lima langkah. 

Yaitu, pendaftaran, penimbangan dan pengukuran, pencatatan dan pemeriksaan, pelayanan kesehatan dan penyuluhan, serta validasi dan sinkronisasi data hasil pelayanan.

Transformasi tersebut berupa adanya kunjungan rumah, kelas ibu hamil dan kelas ibu balita pada posyandu. 

Dikatakan Zakiah, untuk mendukung transformasi pelayanan kesehatan di posyandu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah memfasilitasi bahan buku bacaan kader dan pembinaan teknis kompetensi dasar kader.

Kompetensi dasar kader dimaksudkan agar mereka dapat mendukung pelaksanaan integrasi layanan primer demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Kami sampaikan berbagai informasi terkait kompetensi dasar bagi kader Posyandu dan Posbindu agar nantinya dapat diterapkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

“Harapannya, kader Posyandu dan Posbindu dapat terus berkontribusi besar dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kota Depok melalui berbagai pelayanan yang diberikan,” tandasnya. (JD 02/ ED 01).