Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Keunggulan Sertifikat-el BPN Depok, Lebih Aman dan Proses Cepat

JD09 - berita depok
Minggu, 31 Maret 2024, 20:23 WIB
Kepala BPN Kota Depok, Indra Gunawan. (Foto : dok.BPN Depok).

berita.depok.go.id - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok akan mulai menerapkan sertifikat elektronik (Sertifikat-el) pada tahun ini.

Sertifikat-el memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan sertifikat fisik. 

Kepala BPN Kota Depok, Indra Gunawan mengatakan dengan menggunakan sertifikat elektronik keamanan lebih terjamin. Sebab, sertifikat-el dilengkapi dengan teknologi enkripsi dan tanda tangan digital yang membuatnya aman dari pemalsuan dan manipulasi. 

"Ini bisa meminimalisir risiko penipuan dan sengketa tanah," tutur Indra Gunawan kepada berit.depok.go.id, Minggu (31/03/24).

Keunggulan kedua, kata Indra Gunawan, sertifikat-el lebih praktis dan mudah digunakan. Sertifikat ini dapat disimpan dan diakses dengan mudah melalui perangkat elektronik seperti smartphone atau laptop. 

"Jadi sangat memudahkan saat proses pengecekan dan validasi sertifikat," katanya.

Lalu, keunggulan ketiga ialah ramah lingkungan. Penerapan Sertifikat-el membantu mengurangi penggunaan kertas dan tinta, sehingga lebih ramah lingkungan.

Keunggulan selanjutnya, mempercepat proses layanan pertanahan. Penggunaan Sertifikat-el dapat mempercepat proses layanan pertanahan, seperti balik nama, pemecahan sertifikat, dan lainnya.

Kelima, sertifikat-el meningkatkan transparansi dan akuntabilitas BPN Depok. Pasalnya, Sertifikat-el sudah terintegrasi dengan sistem elektronik BPN, sehingga meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam proses pelayanan pertanahan.

“Penerapan Sertifikat-el merupakan langkah maju dalam modernisasi sektor pertanahan di Indonesia. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, Sertifikat-el diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dan mewujudkan tata kelola pertanahan yang lebih baik,” pungkas Indra Gunawan. (JD09/ED02)