Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Bukti Keseriusan Tangani Sampah, Ini Upaya dan Strategi Pemkot Depok

JD09 - berita depok
Senin, 5 Juni 2023, 19:57 WIB
Kepala DLHK Kota Depok, Abdul Rahman saat meninjau TPA Cipayung. (Foto : Istimewa).

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah melakukan berbagai upaya dan strategi dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Depok. Terutama, kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung sudah kelebihan kapasitas.

"Kami telah melakukan berbagai upaya dalam rangka percepatan pelayanan persampahan di Kota Depok dan mengatasi permasalahan persampahan, khususnya di TPA Cipayung, maka diperlukan solusi yang cepat, tepat dan akurat," tutur Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Abdul Rahman kepada berita.depok.go.id, Senin (05/06/23).

Abra, sapaannya menjelaskan, upaya yang dilakukan dan disiapkan Pemkot Depok mulai dari upaya jangka pendek hingga jangka panjang. Di antaranya, melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

"Ini kami lakukan agar Kota Depok bisa membuang sampah di Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo," terangnya.

Lalu, Pemkot Depok juga sudah menyusun Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan revitalisasi TPA Cipayung. Kemudian, menyusun Detail Engineering Design atau DED revitalisasi TPA Cipayung.

"Kami juga sudah mengusulkan pembangunan fasilitas pengolahan sampah dengan teknologi ramah lingkungan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)," ungkapnya.

"Rencananya di tahun 2024 akan dilaksanakan pembangunannya dan tahun 2025 operasionalnya," katanya.

Selanjutnya, Pemkot Depok juga akan mengoptimalkan penanganan sampah di sumbernya melalui program bank sampah di tingkat RW dan menggencarkan sosialisasi untuk pemilihan sampah langsung dari sumbernya.

"Itulah upaya - upaya Pemerintah Kota Depok yang telah sedang dan akan dilaksanakan. Semoga semuanya dapat berjalan dengan lancar," tutup Abra. (JD 09/ED 01/EUD 04)