Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Waspada DBD, 63 Sekolah di Depok Ikuti Pembuatan Lethal Ovitrap

JD 02 - berita depok
Jumat, 9 September 2022, 11:00 WIB

berita.depok.go.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengadakan pertemuan Sekolah Berbatik (Bersih, Bebas Jentik) bagi guru SD/MI di Kota Depok. Sebanyak 63 guru yang merupakan perwakilan sekolah dari setiap kelurahan mengikuti pembuatan lethal ovitrap (alat perangkap membasmi nyamuk dan larva) pada kegiatan tersebut. 

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari pada 7 - 8 September 2022 di aula lantai 5 Balai Kota Depok.

Mary menuturkan, pertemuan ini dilakukan untuk mengajak seluruh sekolah mewaspadai kasus demam berdarah dengue (DBD), khususnya di lingkungan sekolah. 

“Kami ajak perwakilan sekolah untuk menbuat lethal ovitrap untuk pencegahan nyamuk DBD di sekolah,” tuturnya kepada berita.depok.go.id, Jumat (09/09/22). 

Menurutnya, setelah mengikuti pembuatan lethal ovitrap, diharapkan perwakilan dari sekolah dapat menindaklanjuti intervensi perubahan perilaku pencegahan DBD di sekolah. Dengan memasang lethal ovitrap di sudut ruang kelas. 

Selain itu, tambah Mary, pihak sekolah dapat terus menerapkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan sekolah. Kemudian juga memiliki juru pemantau jentik (jumantik) di kelas. 

“Satu kelas punya satu jumantik agar dapat terus memantau tempat-tempat yang berpotensi adanya jentik nyamuk,” pungkasnya. (JD02/ED02/EUD02)