Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Warga Mekarjaya Belajar Mengolah Sampah dengan Teknologi Eco Enzyme

JD 05 - berita depok
Jumat, 4 Desember 2020, 15:23 WIB

Foto: JD 05/Diskominfo

Kelurahan Mekarjaya menggandeng Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan (P4S) menggelar kegiatan sosialisasi pengolahan limbah sampah rumah tangga dengan teknologi Eco Enzyme, di Aula Kantor Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Jumat (04/12/20).

berita.depok.go.id – Sebanyak 40 warga Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya  dibekali ilmu tentang pengolahan sampah rumah tangga dengan teknologi Eco Enzyme. Kegiatan yang diinisiasi Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan (P4S) ini, rata-rata diikuti pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Ketua P4S Kota Depok, Rudi Murodi mengatakan, Eco Enzyme adalah teknologi tepat guna yang dianggap mampu mengurangi global warming (pemanasan global). Cara kerjanya dengan mengolah  sampah organik, seperti sisa buah dan sayuran menjadi cairan multiguna.

“UMKM salah satu penyumbang sampah terbanyak. Daripada limbahnya dibuang begitu saja, lebih baik diolah difermentasi dengan Eco Enzyme,” katanya kepada berita.depok.go.id, Jumat (04/12/20).

Hasil dari fermentasi limbah tersebut, lanjut Rudi, dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, pertanian, dan peternakan. Yaitu berupa pupuk alami dan pestisida yang efektif.

“Cara pembuatannya juga mudah dengan metode 3+1+10, atau tiga kulit buah atau sayuran ditambah satu gula merah dan 10 gelas air. Lalu difermentasi selama kurang lebih dua sampai tiga bulan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Lurah Mekarjaya, Zainal Arifin mengapresiasi warganya yang mengikuti kegiatan tersebut. Dirinya juga mengajak masyarakat untuk mulai memilah sampah dari sumbernya yakni rumah tangga.

“Kami imbau agar warga pilah sampah dari rumah dan menghasilkan produk yang bermanfaat bernilai ekonomis. Peserta pelatihan juga diharapkan menyalurkan kembali ilmu yang didapat ke warga sekitarnya,” tutupnya. (JD 05/ED 01/EUD02)