Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Wali Kota: Keluarga Merupakan Benteng Perlindungan Anak dari Kekerasan

JD 05 - berita depok
Senin, 24 Agustus 2020, 11:25 WIB

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengikuti Webinar Konseling Edukasi Club (Kece) Kecamatan Pancoran Mas melalui aplikasi Zoom, Senin (24/08/2020). (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id – Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengajak seluruh orang tua untuk senantiasa sigap melindungi anak-anaknya dari kekeraasan, khususnya di masa pandemi Covid-19. Sebab, keluarga merupakan benteng utama bagi anak dalam menjalani kehidupannya.

“Orang tua harus mengambil peran sebagai tempat aduan, meminta, penjagaan, dan pembelaan untuk anaknya. Karena keluarga merupakan benteng utama dibanding apapun itu,” ujarnya saat memberikan sambutan di Konseling Edukasi Club (Kece) Kecamatan Pancoran Mas melalui aplikasi Zoom, Senin (24/08/20).

Dijelaskannya, secara nasional kasus kekerasan terhadap anak setiap tahunnya meningkat. Untuk itu, imbuhnya, salah satu langkah memutus mata rantai kasus kekerasan ada pada keluarga.

Lebih lanjut, Mohammad Idris menuturkan, metode pengasuhan orang tua sangat berperan penting dalam membentuk jati diri seorang anak. Baik mental maupun intelektual atau kecerdasan.

“Ada tiga yang harus dibentuk pada diri anak, yakni mental berkaitan dengan psikologisnya. Lalu fisik dari segi asupan makanan, cara berolahraga dan lain-lain. Kemudian sisi intelektualnya atau kecerdasan berpikiri anak,” jelasnya.

Dirinya  menambahkan, didiklah anak-anak seperti metodenya Ali bin Abi Thalib. Yaitu mendidik anak pada usia tujuh tahun pertama, kemudian diperketat kedisplinannya pada tujuh tahun kedua atau usia 8-14 tahun.

“Artinya ada cara dalam mendidik anak sesuai porsinya, terutama masa remaja anak adalah teman bagi orang tuanya. Saya berharap semua stakeholder yang mengikuti Webinar ini menjadi duta menyampaikan informasi pengetahuan dari narasumber ke masyarakat lainnya,” pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)