Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Video: Pemkot Depok Sidak Tujuh Lokus Implementasi KTR di Kelurahan Curug

EVD 01 - berita depok
Senin, 23 Oktober 2023, 16:48 WIB
Videos

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) berkolaborasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) berupa pembinaan dan pengukuran Kepatuhan implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Sidak dilakukan pada tujuh KTR di wilayah Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Senin (16/10/23).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri mengatakan, sidak yang dilakukan tersebut sebagai upaya dalam meningkatkan kepatuhan masyarakat untuk tidak merokok. Tentunya pada tujuh kawasan yang sudah ditentukan sebagai kawasan dilarang merokok, yakni di fasilitas kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat bermain anak, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja dan tempat umum.

"Ini bentuk ikhtiar agar masyarakat patuh tidak merokok pada tujuh lokasi KTR," tuturnya saat memimpin apel persiapan Sidak KTR di Lapangan Balai Kota Depok.

Supian Suri yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) KTR Kota Depok mengungkapkan, jika saat sidak ditemukan masyarakat yang merokok, maka dapat dilakukan upaya persuasif atau tindak pidana ringan (tipiring). Hal tersebut dimaksud untuk meningkatkan kepatuhan implementasi KTR di Kota Depok.

"Harapannya bisa menjadi evaluasi untuk kedepannya dapat dipatuhi bersama. Selain patuh pada KTR juga dapat menjaga kesehatan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Depok Mary Liziawati mengungkapkan, sidak tersebut rutin dilakukan bersama Satpol PP, Satgas KTR, Forum Kota Depok Sehat (FKDS) Kota Depok, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS), dan Kelompok Kerja (Pokja) Sehat kelurahan. Untuk kali ini, lokasi sidak dilakukan di Kelurahan Curug dengan melibatkan komponen terkait di wilayah tersebut.

"Tim mendatangi sejumlah lokus yang terdapat pada tujuh KTR untuk mengetahui tingkat kepatuhan masyarakat di Kelurahan Curug," tandasnya. (MagangRafli/EVD01-MagangAli/ ).