Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pemerintahan Maju
Tingkatkan Efektivitas Layanan TIK, Puluhan Operator Perangkat Daerah Ikuti Sosialisasi Simpatik
JD 08 - berita depok

19
Selasa, 3 Des 2024, 11:26 WIB

Sejumlah Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengikuti Sosialisasi Sistem Informasi Pengelolaan Layanan TIK (Simpatik) di Savero Hotel, Senin (02/12/24). (Foto:MGG Fajar)

berita.depok.go.id - berita.depok.go.id - Sebanyak 26 operator Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengikuti Sosialisasi Sistem Informasi Pengelolaan Layanan TIK (Simpatik) di Savero Hotel, Senin (02/12/24).

Kegiatan yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok ini bertujuan untuk meningkatkan layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Sekretaris Diskominfo Kota Depok Muhammad Fahmi mengatakan, kegiatan ini sangat strategis untuk memastikan penyelesaian masalah secara lebih cepat, terukur dan kolaboratif, melalui integrasi layanan TIK.

"Jadi, ada beberapa layanan yang diintegrasikan melalui Simpatik. Kita berharap, pengelola TIK di masing-masing PD, dapat satu pemahaman terkait ini," ujarnya, usai membuka kegiatan.

"Bahwa ada beberapa efektivitas aplikasi yang dievaluasi dan cukup diintegrasikan dengan satu layanan, yaitu Simpatik," lanjutnya.

Dikatakannya, saat ini Diskominfo mengelola aplikasi juga infrastruktur yang meliputi data center, internet PD, arsitektur data dan lain sebagainya. 

"Kami ingin ada peningkatkan efektivitas pengelolaan TIK, melalui Simpatik ini. Harapannya, peserta dapat optimal dalam mengimplementasikan dimasing-masing PD," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) Denhas Ary Wibowo mengatakan, selama ini terdapat tiga tools yang digunakan PD dalam pengelolaan aplikasi. Diantaranya Simpatik untuk pengelolaan aplikasi, Helpdesk untuk pelaporan gangguan TIK dan Sistem Monitoring Aplikasi Terpadu (Simata).

"Ketiga aplikasi ini sudah diintegrasikan, hasil integrasi itu yang kita sosialisasi, hari ini," jelasnya.

"Harapannya, layanan kita semakin baik. Semakin responsif dan semakin cepat. Kami memang tidak berhubungan langsung dengan masyarakat. Namun kami memberi layanan ke PD yang menggunakan aplikasi, jika tidak terlayani dengan baik, maka bisa berpengaruh ke masyarakat," tutupnya. (JD 08/ED 02)


Apa reaksi anda?
0
0
0
0
0
0
0