Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Terapkan PHBS, Satgas TMMD Kota Depok Sediakan Tempat Cuci Tangan Portable

JD 05 - berita depok
Selasa, 24 Maret 2020, 17:39 WIB

Pasiter Kodim 0508/Depok, Kapten Info Ibrahim bersama Satgas TMMD ke-107 menerapkan cuci tangan pakai sabun di salah satu lokasi sasaran fisik TMMD ke-107 Kota Depok, belum lama ini. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 Kota Depok, sudah sepekan melaksanakan tugasnya di tiga lokasi sasaran fisik di Kecamatan Cilodong. Supaya terhindar dari berbagai virus, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tetap menjadi perhatian para Satgas. 

Pasiter Kodim 0508/Depok, Kapten Inf Ibrahim mengatakan, salah satu PHBS yang diterapkan para Satgas adalah rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Untuk itu, pihaknya menyediakan beberapa tempat cuci tangan portable di lokasi sasaran program tersebut.

“Kami sediakan tempat cuci tangan agar mereka menerapkan hidup sehat dan bersih. Seperti mencuci tangan menggunakan sabun sesuai dengan anjuran pemerintah,” kata Kapten Ibrahim.

Selain untuk para Satgas TMMD, lanjut Kapten Ibrahim, Fasilitas ini juga dapat digunakan oleh masyarakat setempat. Dengan demikian, anjuran dari pemerintah untuk rutin mencuci tangan dengan sabun dapat dilaksanakan oleh seluruh elemen masyarakat. 

“Mencuci tangan itu penting. Kami juga turut memberikan edukasi kepada masyarakat agar setiap ingin melakukan aktivitas atau sebaliknya jangan lupa mencuci tangan,” jelasnya.

Sebagai informasi, Pelaksaan TMMD ke-107 Kota Depok sudah dimulai sejak 16 Maret 2020. Selain perbaikan jalan, terdapat beberapa kegiatan fisik lainnya yang menjadi prioritas. Antara lain pembuatan saluran air (drainase) dan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Kapten Ibrahim menyebut, kegiatan non fisik berupa penyuluhan kesehatan kepada warga, sementara waktu belum dilaksanakan mengikuti arahan Wali Kota Depok terkait menunda kegiatan bersifat keramaian dan menerapkan jaga jarak fisik (social distancing). Langkah tersebut dilakukan agar dapat mencegah penyebaran Covid-19.

"Tim Satgas seminggu sekali dilakukan cek suhu dan kesehatannya oleh Kesdim 0508/Depok dan Dinas Kesehatan Kota Depok. Seluruh Satgas diberikan vitamin untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit," pungkas Kapten Ibrahim. (JD05/ED02/EUD02)