Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tekan Dampak Perubahan Iklim, Ratujaya Miliki 4 RW Proklim

JD 05 - berita depok
Kamis, 4 Juli 2024, 16:23 WIB
Foto: JD 05/Diskominfo. Lurah Ratujaya, Bambang Sugiharto bersama Camat Cipayung dan seluruh stakeholder masyarakat RW 05 usia mengikuti penilaian Proklim Utama 2024, Rabu (03/07/24).

berita.depok.go.id - Menyikapi tantangan perubahan iklim di masa depan, aparatur Kelurahan Ratujaya semakin gencar memperkuat pentingnya Program Kampung Iklim (Proklim). Saat ini, sudah ada empat Rukun Warga (RW) yang didapuk menjadi lokasi fokus (lokus) Proklim.

Keempat lokasinya ada di RW 01, RW 05, RW 06, dan RW 07. RW 01, 05 dan 06 sudah mendapatkan kategori Madya dan RW 07 kategori Utama.

Lurah Ratujaya, Bambang Sugiharto menjelaskan, selain gencar sosialisasi kepada masyarakat. Pihaknya juga melakukan berbagai kegiatan bersama warga untuk mendorong kemandirian mereka yang tahan terhadap dampak perubahan iklim.


"Kami bersama warga terus aktif kegiatan berbasis kebersihan lingkungan, urban farming, membuat sumur resapan dan lubang biopori yang tujuannya menciptakan lingkungan yang bersih dan ramah keluarga di masa depan," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (04/07/24).

Bambang menyebut, dalam mendukung Proklim warga di empat RW itu juga melakukan berbagai kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, serta memperkuat kelembagaan masyarakatnya.

Atas semua upaya yang telah dilakukan itu, tahun ini dua Proklim di Ratujaya ingin naik predikat. Yaitu, RW 05 Ratujaya sedang mengikuti penilaian Proklim Utama dan RW 07 penilaian Proklim Lestari oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

"Saya sangat mendukung penilaian Proklim 2024, semua itu tidak bisa berjalan tanpa dukungan perangkat daerah yang telaj membina kami," ucapnya.

"Tidak hanya karena ada penilaian, kami berharap aksi-aksi yang telah dilakukan RW Proklim ini tetap berjalan, menjaga kearifan lokal, perilaku hidup bersih dan sehatnya, serta kegiatan lainnya yang mendukung upaya menekan dampak perubahan iklim," pungkasnya. (JD 05/ED 02)