Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tampilkan Tari Topeng Cisalak di PKD Jabar, Wali Kota: Upaya Mempertahankan Kebudayaan Daerah

JD 02 - berita depok
Kamis, 15 Desember 2022, 14:50 WIB
Penampilan Tari Topeng Cisalak saat pembukaan PKD dan Kaleidoskop Promosi Pariwisata dan Kebudayaan Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) di Alun-Alun Kota Depok, Cilodong, Kamis (15/12/22) (Foto: JD 01/Diskominfo)

berita.depok.go.id- Wali Kota Depok, Mohammad Idris ikut menghadiri Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) dan Kaleidoskop Promosi Pariwisata dan Kebudayaan Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) di Alun-Alun Kota Depok, Kamis (15/12/22). Pada acara pembukaan PKD, turut dimeriahkan dengan tarian khas Kota Depok yaitu Tari Topeng Cisalak.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Tari Topeng Cisalak telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia pada Oktober 2022. Tarian tersebut merupakan cikal bakal tarian dari Betawi.

"Alhamdulillah, kebanggaan bagi Kota Depok, Tari Topeng Cisalak menjadi warisan budaya dan sudah diakui setelah sebelumnya Gong Si Bolong," tuturnya.

Mohammad Idris menambahkan, pihaknya akan terus mempertahankan kebudayaan yang ada di Kota Depok. Sehingga bisa terus mendukung pengembangan kebudayaan di Jawa Barat.

"Kami akan terus mempertahankan kebudayaan daerah agar keberadaannya diakui dan dikenal luas masyarakat," tambahnya.

Untuk diketahui, pada pembukaan PKD, menampilkan tiga WBTB di Jawa Barat yaitu Surak Ibra dari Kabupaten Garut, Penca Silat Cimande dari Bogor.dan Tari Topeng Cisalak dari Kota Depok. Tari Topeng Cisalak dibawakan oleh 100 penari. (JD 02/ED 01/EUD02)