Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Stakeholder Kalibaru Dibekali Ilmu Menggunakan Internet secara Bijak

JD 05 - berita depok
Kamis, 25 Agustus 2022, 10:57 WIB
News

berita.depok.go.id – Aparatur Kelurahan Kalibaru menggelar sosialisasi internet sehat bagi stakeholder di wilayahnya. Kegiatan ini untuk memberikan gambaran kepada masyarakat tentang penggunaan internet secara bijak.

Sekretaris Kelurahan Kalibaru, Nayadih menjelaskan, di era digitalisasi seperti saat ini masyarakat harus pandai dan bijak dalam menggunakan internet. Sebab, imbuhnya, di samping mempunyai manfaat yang baik untuk mempermudah akses informasi dan konektivitas, internet juga dapat berdampak buruk bagi penggunanya.

"Internet mudah diakses dari anak-anak hingga dewasa, anak sekarang lebih pintar dari orang tuanya dalam menggunakan perangkat digital. Oleh sebab itu, para orang tua yang mengikuti kegiatan ini harus memahami penggunaan internet sehat," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (25/08/22).

Nayadih menjelaskan, sosialisasi internet sehat merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat Kelurahan Kalibaru. Adapun pesertanya adalah warga, Babinsa, Pusat Informasi Konseling-Remaja (PIK-R), remaja, dan pelajar.

Dirinya berpesan, agar para orang tua tetap mendampingi anaknya ketika bermain gawai. Terutama saat mengakses konten-konten di halaman Google.

"Anak harus terus didampingi dalam penggunaan gadget, jangan sampai salah mengartikan internet," paparnya.

Sementara itu, Rita Nurlita sebagai narasumber menyampaikan gambaran umum tentang internet sehat, manfaat dan bahaya menggunakan internet. Penjelasan mengenai internet sehat tersebut mengacu pada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Selain itu, Rita juga menjelaskan tentang cara mengatasi diri agar terhindar dari bahaya buruk internet. Serta memberikan tips kepada peserta agar cakap menggunakan media digital.

"Bijak bermedia sosial itu dengan empat pilar yaitu digital skill, digital etik, digital culture, dan digital safety," ucapnya. (JD 05/ED 01/EUD02)