Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Selama Dua Hari, DKP3 Berhasil Vaksinasi 346 Hewan Peliharaan

JD 03 - berita depok
Senin, 29 Mei 2023, 16:16 WIB
News
Petugas DKP3 saat melakukan vaksinasi rabies di Kantor Kelurahan Beji Timur. (Foto : Istimewa).

berita.depok.go.id- Pemberian vaksinasi rabies secara gratis untuk Hewan Penular Rabies (HPR) oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok masih berlangsung hingga 30 Mei 2023. Selama dua hari pelaksanaan, sebanyak 346 hewan peliharaan berhasil divaksinasi.

Dengan rincian, 313 ekor kucing, 27 ekor anjing, 3 ekor musang dan 3 ekor monyet. Mereka dibawa langsung oleh pemiliknya ke lokasi vaksinasi.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Kota Depok, Dede Zuraida mengatakan, tahun ini pihaknya akan menyelenggarakan vaksinasi rabies sebanyak dua kali. Dengan target HPR yang tervaksinasi sebanyak 400 ekor di tahap pertama.

“Kali ini di Kantor Kelurahan Beji Timur dan Puskeswan Kelurahan Pengasinan selama tiga hari, 28-30 Mei 2023. Antusiasme masyarakat sangat tinggi, saat ini yang melakukan pendaftaran saja ada 600 warga yang memiliki hewan,” katanya kepada berita.depok.go.id, Senin (29/05/23)

Dikatakannya, pihaknya juga menurunkan kurang lebih 27 petugas untuk melakukan vaksinasi. Mereka secara bergantian sesuai jadwal yang ditentukan.

“Alhamdulillah, pelaksanaan vaksinasi secara teknis tidak ada hambatan, hanya saja ada beberapa yang mengusulkan untuk dilakukan lagi kegiatan serupa di kecamatan lain yang mendekati pemilik hewan," katanya.

"Karena rata-rata kepemilikan anjing atau kucing lebih dari satu, sehingga mereka kerepotan untuk membawa semua hewan kesayangannya untuk divaksin. Tapi Insya Allah bulan September kami akan mengadakan kembali dengan memilih lokasi di wilayah timur,” tutupnya. (JD 03/ED 01/EUD 04)