Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Sekda Sebut Faktor Lingkungan dan Perilaku Bantu Tingkatkan Derajat Kesehatan di Ponpes

JD 02 - berita depok
Kamis, 25 Agustus 2022, 12:07 WIB

berita.depok.go.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri menyebutkan, faktor lingkungan dan perilaku turut serta membantu dalam peningkatan derajat kesehatan di Pondok Pesantren (Ponpes). Dengan lingkungan yang bersih, dan perilaku yang sehat maka kesehatan dapat terus terjaga.

“Penyumbang terbesar dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat, khususnya pada Ponpes yaitu faktor lingkungan 40 persen dan faktor perilaku 30 persen,” tuturnya kepada berita.depok.go.id usai membuka acara kegiatan Evaluasi Kesehatan Lingkungan Pondok Pesantren di aula teratai Gedung Balaikota Depok, Kamis (25/08/22).


Lebih lanjut, Supian Suri menjelaskan, untuk faktor lingkungan dapat dilihat dari sanitasi dan penggunaan air bersih. Sedangkan untuk faktor perilaku merupakan kebiasaan masyarakat atau para santri dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.


Untuk itu, ia berharap, kedua faktor tersebut dapat menjadi fokus dari pimpinan atau pengelola pondok pesantren untuk kesehatan lingkungan. Sehingga anak-anak dapat sehat dan fokus dalam berlajar.


“Kita tidak bisa bekerja sendiri, tetap harus ada dukungan dan kontribusi dari Ponpes untuk mewujudkan generasi penerus yang sehat dan keren,” pungkasnya. (JD02/ED02/EUD02)