Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Satgas PKDRT Jatimulya Petakan Wilayah Rawan Kekerasan dalam Rumah Tangga

JD 05 - berita depok
Selasa, 29 November 2022, 17:10 WIB
Satgas PKDRT Kelurahan Jatimulya menggelar sosialisasi dan kampanye pencegahan KDRT di Alun-Alun Kota Depok, Sabtu (26/11/2022) lalu. (Foto: istimewa)

berita.depok.go.id - Satuan Tugas Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) Kelurahan Jatimulya berupaya tegas untuk meminimalisir terjadinya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Upaya yang dilakukan adalah pemetaan keluarga dan lingkungan rawan KDRT.

Lurah Jatimulya, Aripudin menjelaskan, masing-masing kelompok kegiatan (Poktan) di tiap RW memetakan keluarga dan wilayah yang rawan KDRT. Tujuannya untuk mencegah tindak KDRT agar tidak terjadi lagi.

"Gambarannya tiap RW berbeda-beda, paling tidak Poktan membaca apa saja potensi yang menjadi penyebab KDRT di sana," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (29/11/2022).

Aripudin menyebut, pemetaan wilayah rawan kasus kekerasan rumah tangga harus dilakukan. Agar ketika ditemukan kasus, warga sudah tahu dan mengerti cara penanganannya. 

Meski upaya pencegahan baru akan masuk dalam rencana aksi 2023. Aripudin menyebut, pihaknya menginstruksikan Satgas dan Poktan untuk melakukan tindakan awal dengan rutin menyosialisasikan dan kampanye cegah KDRT ke masyarakat.

"Masing-masing Poktan akan menyebar liflet berisi informasi tentang pencegahan KDRT serta nomor hotline Puspaga Harmoni dan UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak, agar masyarakat bisa lebih bijak menyikapi bila ada tindakan kekerasan di lingkungan rumah," tandasnya. (JD 05/ED 02/EUD02)