Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Saluran Tersier Cabang Barat di Kelurahan Grogol Selesai Dinormalisasi

JD 08 - berita depok
Selasa, 6 Juni 2023, 21:11 WIB
Satgas DPUPR melakukan normalisasi saluran tersier Cabang Barat, Kecamatan Limo secara manual, Selasa (06/06/2023).

berita.depok.go.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, menurunkan satu regu Satuan Tugas (Satgas) untuk melakukan normalisasi saluran tersier Cabang Barat, secara manual pada 6 Juni 2023. Hal tersebut untuk mengembalikan fungsi saluran agar aliran kembali normal.

"Kami lakukan normalisasi saluran tersier Cabang Barat, di Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo dengan pembersihan sampah dan pengangkatan sedimen lumpur. Ini merupakan kegiatan rutin dan Alhamdulillah sudah selesai,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, Selasa (06/06/23).

Dikatakannya, pembersihan dilakukan secara manual karena tumbuhan liar masih bisa ditangani dengan bantuan alat sederhana seperti arit, golok dan batang bambu. Adapun Satgas yang dikirimkan yaitu sebanyak satu regu atau 10 personel

"Kami mengerahkan satu regu Satgas yang terdiri dari 10 orang dan satu unit truk untuk mengangkat sampah menuju TPA Cipayung. Targetnya hari ini selesai," ungkapnya.

Citra berharap, upaya ini bisa memaksimalkan fungsi saluran dan tidak menghambat aliran dari hulu ke hilir. Sehingga, potensi banjir bisa diantisipasi lebih dini.

“Mudah-mudahan saluran yang telah kami normalisasi dapat berfungsi dengan baik. Apalagi saat ini kita memasuki anomali cuaca. Nanti panas, nanti hujan tiba-tiba," kata Citra.

Sementara itu, Satgas yang bertugas Ryan Inar Saputra menyebut, dibutuhkan keterampilan khusus untuk melakukan normalisasi secara manual. Faktor kehati-hatian juga perlu diperhatikan. 

"Yang jelas Satgas harus bisa berenang. Meskipun arus tidak begitu deras, tetap harus hati-hati untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Alhamdulilah normalisasi saluran tersier Cabang Barat hari ini, berjalan lancar dan sudah selesai," tutupnya. (JD 08/ED 02/EUD 04)