Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

RW 01 Ratujaya Bangun Rumah Budaya secara Swadaya

JD 08 - berita depok
Senin, 22 April 2024, 17:48 WIB
Rumah Budaya yang dibangun secara swadaya di kawasan RW 01 Kampung Rawageni Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung. (Foto:Diskominfo)

berita.depok.go.id - Sebagai bentuk pelestarian budaya Kota Depok, RW 01 Kampung Rawageni Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung membangun rumah budaya. Pembangunan dilakukan secara swadaya dengan bergotong royong.

Ketua RW 01 Kampung Rawageni Jaelani menyebut, rumah budaya yang saat ini berdiri di atas lahan 90 meter, masih terus dilakukan penyempurnaan. Rumah budaya nantinya akan dilengkapi berbagai fasilitas.

"Rumah budaya ini mulai dibangun bulan Agustus 2023. Sampai sekarang, masih terus dilakukan penyempurnaan," ujarnya, Senin (22/04/24).

Dikatakannya, untuk total lahan yang akan digarap yaitu seluas 900 meter. Berbagai fasilitas yang sudah dan akan dilengkapi meliputi kandang kebo, lumbung padi, sumur senggot. Kemudian ada juga jamban, langgar/musala, luku atau alat bajak sawah, blandongan/pendopo,

"Fasilitas ini ada yang bisa digunakan seperti musala dan sumur, ada juga yang bentuknya hanya miniatur sebagai sarana edukasi seperti jamban," katanya.

Selain itu juga, pihaknya melengkapi rumah budaya dengan berbagai tanaman langka. Seperti pohon kemplung atau buah maja, pohon boni, pohon jambu bol, pohon jengkol dan lain sebagainya.

"Total sudah habis Rp90 juta. Pelan-pelan kami bangun. Tidak ada target. Beberapa kegiatan juga telah dilakukan di rumah budaya ini, seperti kegiatan posyandu dan lain sebagainya," ujarnya.

"Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa menjadi sarana edukasi untuk warga," tutup Jaelani. (JD 08/ED 02)