Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Puspaga Harmoni Depok Raih Penghargaan Tematik Pemenuhan Hak Anak dari Kementerian PPPA

JD 03 - berita depok
Rabu, 20 Desember 2023, 18:15 WIB
News
Penghargaan yang diberikan kepada PUSPAGA Harmoni yang diterima langsung oleh Kepala DP3AP2KB Kota Depok, Nessi Annisa Handari di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada Senin (18/12). (Foto : DP3AP2KB Kota Depok).

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok kembali mendapatkan penghargaan berskala nasional di penghujung tahun 2023. Kali ini Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Harmoni Kota Depok mendapat penghargaan tematik Pemenuhan Hak Anak (PHA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kementerian PPPA RI). 

Atas prestasi tersebut, PUSPAGA Harmoni Kota Depok telah memenuhi standarisasi PUSPAGA dengan peringkat PUSPAGA Nindya. PUSPAGA Harmoni masuk kedalam 23 PUSPAGA di Indonesia yang telah memenuhi standar tersebut.

Penghargaan tersebut, diterima langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok, Nessi Annisa Handari di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada Senin (18/12).

Kepala Bidang Pengembangan Kota Layak Anak (PKLA), DP3AP2KB Kota Depok, Ima Halimah mengatakan, PUSPAGA Kota Depok telah memenuhi lima persyaratan yang ditetapkan. Antara lain, kelembagaan, Sumber Daya Manusia (SDM), program dan layanan atau kegiatan, protokol layanan PUSPAGA selama pandemi Covid-19, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan.

“Jadi penghargaan yang diberikan Kementerian PPPA adalah bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah atas komitmennya dalam menyediakan layanan pemenuhan hak anak yang telah terstandardisasi,” katanya kepada berita.depok.go.id, Kamis (21/12/23).

Dikatakannya, bukan hanya PUSPAGA Harmoni yang mendapatkan apresiasi, pada kesempatan tersebut Taman Jatijajar dan Alun-Alun Kota Depok juga mendapatkan penghargaan yang sama. Sebab telah memenuhi standardisasi Ruang Bermain Anak Ramah Anak dengan peringkat Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA). 

Penghargaan diberikan langsung kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Abdul Rahman. 

“Semoga dengan apresiasi yang diberikan, layanan kepada masyarakat khususnya PUSPAGA Kota Depok akan semakin berkualitas demi pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak di Kota Depok,” tutupnya. (JD 03/ED 01).