Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Prioritaskan Kesehatan Warga, Ketua Forum Kota Depok Sehat Dukung Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR

JD 08 - berita depok
Rabu, 8 Mei 2024, 17:34 WIB
Ketua Forum Kota Depok Sehat Elly Farida memberikan sosialisasi terkait KB di Kantor Kecamatan Beji, Selasa (07/05/24). (Foto:Diskominfo)

berita.depok.go.id - Ketua Forum Kota Depok Sehat Elly Farida mendukung kegiatan Sosialisasi Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Rerpoduksi (KBKR) di Wilayah Khusus Kota Depok, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Kegiatan yang digagas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ini memprioritaskan kesehatan masyarakat.

“Saya sebagai Ketua Forum Kota Depok Sehat, sengaja ikut dalam satu kegiatan pelayanan KBKR yang rutin dilaksanakan setiap tahun," katanya di sela-sela kegiatan Sosialisasi Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR di Wilayah Khusus Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, di Kantor Kecamatan Beji, Selasa (07/05/24).

"Tentunya program ini tentunya memprioritaskan kesehatan masyarakat dalam peningkatan ketahanan keluarga," sambung Bunda Elly, sapaan akrabnya.

Dirinya juga menyebut, kolaborasi yang melibatkan beberapa unsur seperti Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, BKKBN, Kantor Urusan Agama (KUA). Serta tim dari Babinsa ini, sangat baik untuk menguatkan komitmen dalam menyukseskan program KBKR di wilayah.

“Tak lupa Babinkamtibmas beserta istri-istri dari Kartika Persit juga turut dihadirkan. Kami mengajak warga untuk melakukan peningkatan ketahanan keluarga melalui program KB,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) May Haryanti mengatakan, kegiatan ini merupakan gerai pelayanan khusus KB yang diselenggarakan oleh BKKBN dari Tingkat Pusat, Provinsi sampai ke Tingkat Kota.

“Intinya adalah bagaimana masyarakat untuk dapat ikut ber-KB. Yang kedua, dalam kegiatan ini terdapat pelayanan KB gratis di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Beji. Menggerakkan 25 orang untuk melaksanakan spiral dan 25 orang untuk implan,” katanya.

“Antusias masyarakat sangat tinggi, pemasangan KB melabihi target yang ditetapkan," ujarnya.

"Bagi masyarakat yang ingin dilayani KB gratis, boleh menghubungi Puskesmas setempat. Nanti akan ditentukan jadwalnya untuk dilaksanakan, sekaligus bisa konsultasi juga,” tutupnya. (JD 08/ED 02)