Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Peringati Hari TB Sedunia, UPTD Puskesmas Mampang Adakan Sosialisasi

JD 08 - berita depok
Sabtu, 25 Maret 2023, 17:33 WIB
Live Instagram Puskesmas Mampang membahas mitos dan fakta penyakit TB, Sabtu (25/03/23). (Foto: tangkapan layar).

berita.depok.go.id- Memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia yang jatuh pada 24 Maret, Unit Pengelola Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Mampang menggelar sosialisasi terkait mitos dan fakta TBC. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kesehatan secara interaktif, menggunakan media sosial (medsos) berupa live Instagram.


"Kegiatan ini sudah masuk episode ke-14 program Bahagia atau Besok Bahas Apa Lagi Ya? Tema yang kami angkat yaitu kupas tuntas mitos dan fakta TBC. Mengingat, kemarin (24/03) baru saja diperingati Hari TB Sedunia," kata Kepala UPTD Puskesmas Mampang Winarni Naweng Triwulandari, Sabtu (25/03/23).


Dikatakannya, program ini sangat membantu masyarakat karena membuka peluang bagi mereka untuk bertanya sebanyak-banyaknya. Pihaknya menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya sehingga bisa menjawab semua pertanyaan yang disampaikan.


"Dengan adanya tema kegiatan ini, kami harap masyarakat tidak salah dalam memahami mitos maupun fakta dari TBC. Dalam kesempatan ini dibahas tuntas," ungkapnya.


Sementara itu, Dokter Puskesmas Mampang, Fairuz Rifani yang menjadi narasumber, menjabarkan terkait penyakit TB, penyebab serta penanganan. Dijelaskan juga secara tuntas mengenai etika batuk.


"Pasien dengan penderita TB sangat berpotensi untuk sembuh, selama pasien tersebut minum obat dengan teratur. Pengobatan paling cepat selama sembilan bulan dan paling lama selama 12 bulan, tergantung kondisi pasien. Karena kami akan secara rutin memeriksakan dahak," paparnya.


"Kami juga berpesan kepada masyarakat untuk tidak menjauhi pasien dengan penyakit TB. Kendati menular, ini bisa dicegah dengan beberapa tindakan, salah satunya penggunaan masker. Jika batuk tidak kunjung sembuh, agar segera datang ke Puskesmas untuk berkonsultasi dengan dokter," tutupnya. (JD 08/ED 01)