Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Peringati Hari Jadi ke-25 Kota Depok, DKUM Gelar Talkshow Dorong Semangat UMKM

JD 05 - berita depok
Kamis, 25 April 2024, 16:59 WIB
Foto: Diskominfo. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro bersama seluruh peserta talkshow dalam rangka Hari Jadi ke-25 Kota Depok di Kafe D’Juntos, Boulevard Grand Depok City, Kamis (25/04/24).

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar talkshow bertajuk Sinergi UMKM Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Kota Depok di Kafe D’Juntos, Boulevard Grand Depok City, Kamis (25/04/24).

Kegiatan yang diinisiasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok ini merupakan rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-25 Kota Depok yang jatuh pada Sabtu (27/04) mendatang.

Kepala DKUM Kota Depok, Mohamad Thamrin menuturkan, talkshow ini diikuti 50 pelaku usaha mikro baik dari dalam maupun luar daerah. Mayoritas peserta adalah ibu-ibu yang kesehariannya berwirausaha mikro.

“Melalui talkshow ini kami ingin memberikan semangat dan wawasan pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, pola manajemennya dan sebagainya,” tuturnya kepada berita.depok.go.id, usai acara tersebut.

Pada talkshow ini, dua pengusaha sukses asal Kota Depok menjadi narasumber. Mereka adalah CEO AKP Group, Kintoko dan Andhika Ramadhan seorang yang dulunya anak jalanan kini menjadi CEO perusahaan.

Thamrin mengungkapkan, keberadaan UMKM sangat menopang perekonomian Kota Depok, apalagi saat pandemi Covid-19 yang meluluhlantakan ekonomi dunia. Namun, nyatanya pelaku usaha mikro mampu bertahan di tengah gempuran fenomena tersebut.

Lanjutnya, kini Laju Pertumbuhan Ekonomi Kota Depok berada di atas Provinsi Jawa Barat dan Nasional yaitu 5,05 persen. Lalu angka kemiskinan juga berkurang menjadi 2,3 persen.

“Termasuk Tingkat Pengangguran Terbuka saat Covid-19 hampir di angka 9,7 persen kini Alhamdulillah sudah 6,9 persen,” paparnya.

“Kami sangat berharap pelaku usaha mikro ini tetap gencar memasarkan produknya minimal ke tetangganya. Kemudian, terbuka dan transparan bersinergi dengan seluruh stakeholder agar omzet terus naik,” pungkasnya. (JD 05/ED 02)