Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Enam Pasar Tradisional Dipadati Warga

JD 12 - berita depok
Rabu, 31 Mei 2023, 13:55 WIB
News
Sejumlah pengunjung saat mengikuti pemeriksaan kesehatan yang diadakan oleh Dinkes Kota Depok di pasar tradisional. (Foto: Dinkes Kota Depok).

berita.depok.go.id - Sejumlah pengunjung, pedagang dan pengelola pasar mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kota Depok sejak 19-29 Mei 2023. Pemeriksaan dilakukan di Pasar Cisalak, Pasar Agung, Pasar Tugu, Pasar Depok Jaya, Pasar Sukatani dan Musi

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, kegiatan ini bagian dari rangkaian bulan deteksi dini faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) dalam memperingati Hari Hipertensi Sedunia yang jatuh pada 17 Mei lalu. 

"Pemeriksaan kesehatan yang kita lakukan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian PTM. Seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, pada masyarakat, terutama pengunjung, pedagang dan pengelola pasar," ujar Mary Liziawati, kepada berita.depok.go.id, Rabu (30/05/23). 

Pemeriksaan kesehatan ini diikuti sebanyak 729 orang. Dengan rincian, Pasar Cisalak 117 orang, Pasar Agung 106 orang, Pasar Tugu 114 orang, Pasar Depok Jaya 136 orang, Pasar Sukatani 125 orang dan Pasar Musi 131 orang.

"Kita lakukan cek tekanan darah, cek gula darah sewaktu, cek kolesterol dengan indikasi dan konseling terhadap faktor risiko PTM yang sudah diketahui dari hasil pemeriksaan tersebut," ungkapnya

Mary menambahkan, kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari para Kepala UPTD pasar. Sebab, mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Pada umumnya warga pasar merupakan usia produktif yang aktif bekerja dan sulit mengatur waktu khusus untuk melakukan cek kesehatan secara berkala ke fasilitas kesehatan, sehingga pemeriksaan kesehatan ini begitu diminati," ungkapnya. (JD 12/ED 01/EUD 04)