Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pelaksanaan Pemilu 2024, Bawaslu Depok Berikan Sejumlah Catatan

JD 03 - berita depok
Jumat, 8 Maret 2024, 17:08 WIB
News
Ketua Bawaslu Depok, Fathul Arif. (Foto : Diskominfo Depok).

berita.depok.go.id - Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Kota Depok mendapat catatan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Depok sebagai bahan evaluasi. 

"Banyak evaluasi dari kita karena sampai pada H -1 masih ada baliho-baliho yang terpasang artinya kedepan pada saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kita akan coba melihat bagaimana caranya H-1 pemilihan semua baliho sudah bisa selesai ditertibkan dan sampahnya sudah bisa kita kendalikan itu juga menjadi evaluasi kita,” jelas Ketua Bawaslu Kota Depok, Fathul Arif, kepada berita.depok.go.id. 

Dirinya merinci, pada masa tenang juga masih ditemukan pelanggaran yang masuk dan masih dalam proses. 

"Lalu pada hari H Pemilu ada evaluasi dari kami agar bimbingan teknis kepada petugas yang ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS) seperti Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) itu lebih bisa ditingkatkan lagi karena banyak pemahaman Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang simpang siur," ungkapnya.

Kendati ditemukan kendala, pihaknya bersyukur berkat kerjasama dari semua pihak, terutama Tim Pemantau Perkembangan Politik Daerah (TP3D) berbagai masalah dilapangan dapat dikendalikan dengan baik. 

“Masalah yang di TPS bisa kita kendalikan segera sehingga semua permasalahan bisa kita redam dan kondisi aman serta kondusif,” ungkapnya. 

Lebih lanjut, perhitungan suara sampai saat ini masih dilaksanakan, tentu kehati-hatian perlu dilakukan untuk menjaga legitimasi dan menjaga validasi data yang otentik.

Sehingga nanti hasilnya dapat diterima baik oleh peserta pemilu. 

“Semua pihak di kecamatan, kami ucapkan terima kasih, lalu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) yang telah memberikan dukungannya dan fasilitasnya," ucapnya. 

"Serta untuk pengorbanan yang kita lakukan semoga ke depan Pilkada bisa kita kerja sama lagi untuk terciptanya kondusifitas Pemilu di Kota Depok,” tutupnya. (JD03/ED01).