Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pekarangan Kantor Kelurahan Boponter Dimanfaatkan Jadi Kebun Produktif

JD 05 - berita depok
Rabu, 20 Desember 2023, 0:46 WIB
Foto: JD 05/Diskominfo. Lurah Bojong Pondok Terong (Boponter), Adi Supriadi memperlihatkan kebun sayur dan buah konsumsi di pekarangan belakang Kantor Kelurahan Boponter, Rabu (20/12/23).

berita.depok.go.id - Lurah Bojong Pondok Terong (Boponter), Adi Supriadi melakukan terobosan memanfaatkan pekarangan kantor kelurahan untuk menanam tanaman produktif dan budidaya ikan konsumsi.

Pengembangan lahan kantor sebagai area berkebun merupakan hasil kerja sama pihaknya bersama warganya.

"Kantor ini baru dibangun pemerintah tahun lalu dan tahun ini baru kami manfaatkan, sebagian areanya masih kosong enggak ada tanaman jadi inisiatif warga untuk ditanamin pohon-pohon," ujarnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (20/12/23).

Dikatakannya, ada empat kolam ikan berukuran 3x3 meter persegi dengan isi 3.000 bibit Ikan Gurame. Lalu pohon Alpukat, Nangka, Mangga, Kangkung, Jagung, Timun, Melon, Anggur, Brokoli, Sawi, dan lain-lain.

Adi menyebut, upaya memanfaatkan lahan area kantor menjadi kebun sudah dimulai sejak Oktober kemarin. Sebagian hasil tanaman pun sudah beberapa kali dikonsumsi.

"Saya sangat senang idenya dari warga dan mereka juga yang menanam. Jadi sama-sama mengelolanya, sehingga tercipta kekompakkan antar elemen masyarakat," ucapnya.

"Kebun tanaman dan kolam ini juga bisa menjadi contoh buat masyarakat, program berkebun di atar lahan terbatas," pungkasnya. (JD 05/ED 02)