PDAM Tirta Asasta bersiap mendistribusikan air bersih melalui mobil tangki. (Foto : Janet/Diskominfo)
Musim kemarau yang terjadi di Depok sejak tiga bulan terakhir telah diantisipasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Kota Depok. Salah satunya, dengan menyediakan mobil tangki untuk mengirim air bersih ke pelanggan yang terdampak kekeringan.
Manajer Pemasaran PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Imas Dyah Pitaloka, mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir akan terjadinya kekurangan air bersih. Sebab, selain telah melakukan penampungan air bersih, PDAM juga telah menyiapkan mobil tangki air untuk didistribusikan kepada masyarakat.
“Kami telah membendung air di hulu Sungai Ciliwung. Walaupun kemarau belum ada dampak yang berarti, kami tetap produksi seperti biasa,” ujarnya kepada depok.go.id, Selasa (24/09/2019)
Dirinya menjelaskan, sampai saat ini belum ada laporan gangguan pendistribusian air. Kalau pun ada gangguan, kata Imas, akan segera ditangani oleh PDAM Tirta Asasta.
“Kami juga selalu berkoordinasi dengan petugas di Katulampa, jika memang ada kekeringan mereka akan mengalirkan air dari sana,” jelasnya.
Imas menambahkan, antisipasi dilakukan untuk menjamin ketersediaan air bersih bagi pelanggan PDAM Tirta Asasta. Tidak hanya itu, pihaknya juga dapat memberikan bantuan air kepada masyarakat bukan pelanggan PDAM yang terkena kekeringan dengan pengajuan surat permohonan.
“Beberapa waktu lalu dua mobil tangki air dikerahkan untuk memberikan bantuan air bersih, khususnya untuk warga RT 03, RW 15, RW 14, RW 16 di Kelurahan Beji, Kota Depok. PDAM tetap mengimbau pelanggan, bijaksanalah menggunakan air, tampung air untuk mengantisipasi gangguan-gangguan di luar kehendak PDAM yang diakibatkan oleh alam,” tutupnya.
Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih
Diskominfo