Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Mohammad Idris Paparkan Penerapan Aturan KTR Saat Pandemi di 5th APCAT Summit 2020

JD 02 - berita depok
Kamis, 17 Desember 2020, 20:25 WIB

berita.depok.go.id-Wali Kota Depok Mohammad Idris memaparkan penerapan aturan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) selama pandemi Covid-19 di daerahnya. Paparan tersebut disampaikannya dalam acara 5th  Asia Pasific Cities Aliance for Tobaco Control and NCDs Prevention (APCAT) The Asia Pacific Summit of Mayors secara virtual, Kamis (17/12/20).

Dalam penjelasannya tersebut, Mohammad Idris mengatakan, Kota Depok sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Perda Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Ia juga menyampaikan aturan penerapan tujuh KTR di Kota Depok.

“Selama pandemi Covid-19, penerapan dan pengawasan KTR tetap kami jalankan,” tutur Mohammad Idris saat acara tersebut.

Dikatakannya, hingga kini, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah melakukan pengawasan ke 375 lokasi terkait penerapan KTR dan 366 lokasi Tempat Penjualan atau Point of Sale (POS). Pengawasan dilakukan pada sejumlah tempat usaha, sarana umum, tempat ibadah, fasilitas kesehatan, sarana pendidikan, perkantoran, dan area bermain anak.

Ia pun menjelaskan, bagi yang melakukan pelanggaran diberikan teguran. Selanjutnya dilakukan pengawasan untuk tetap mematuhi aturan yang berlaku selama pandemi Covid-19.

“Pelanggar diingatkan untuk mematuhi aturan yang sudah ditetapkan. Jika terdapat iklan rokok akan kami turunkan. Sedangkan yang menampilkan display rokok diminta untuk menutupnya menggunakan tirai,” terangnya.

Untuk diketahui, Wali Kota Depok Mohammad Idris menjadi salah satu pimpinan daerah yang mendapatkan kesempatan bergabung dalam acara 5th APCAT bersama empat kepala daerah lainnya perwakilan dari Indonesia. Kegiatan tersebut melibatkan sejumlah kepala daerah di wilayah Asia Pasifik. (JD02/ ED02/EUD02)

Wali Kota Depok Mohammad Idris saat memberikan paparan pada acara 5th  Asia Pasific Cities Aliance for Tobaco Control and NCDs Prevention (APCAT) The Asia Pacific Summit of Mayors secara virtual, Kamis (17/12/20). (Foto: JD04)