Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Libatkan Remaja dalam Pembangunan Daerah, Cara Pemkot Bentuk SDM Unggul di Masa Depan

JD 05 - berita depok
Selasa, 17 Januari 2023, 19:05 WIB
Kepala Bidang Ketahanan Dan Kesejahteraan Keluarga pada DP3AP2KB Kota Depok, Rahmat Maulana saat memberikan masukan kepada peserta Musrenbang 2024 di Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Senin (16/1/2023). (Foto: JD 05/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) memberikan ruang kepada anak-anak dan remaja untuk berpartisipasi langsung dalam pembangunan daerah. Minimal di lingkungan rumahnya masing-masing dengan terlibat dalam kegiatan kemasyarakatan.

Kepala Bidang Ketahanan Dan Kesejahteraan Keluarga pada DP3AP2KB Kota Depok, Rahmat Maulana menjelaskan, pembangunan fisik atau infrastruktur di Depok sudah baik. Kini saatnya untuk fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan pemberdayaan masyarakatnya, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia (lansia).

"Kami dorong remaja aktif dalam pembangunan, masalah remaja itu kompleks. Mereka posisinya di antara proses peralihan ke depan mau jadi apa, justru itu momen memberikan ruang kepada remaja untuk bekal masa depannya," ujar Rahmat kepada berita.depok.go.id, Selasa (17/01/23).

Rahmat atau yang kerap disapa Pache ini menuturkan, banyak kegiatan yang bisa dilakukan remaja di lingkungan. Mereka bisa memberikan solusi atas persoalan antar remaja atau memberikan tenaganya untuk membantu warga ketika sedang bergotong royong.

Menurutnya, dengan melibatkan remaja pada proses pembangunan wilayah akan meminimalisir potensi kenakalan pada remaja. Kini di setiap kelurahan hingga tingkat RW juga sudah dibentuk Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) untuk wadah para remaja menyalurkan kreativitasnya.

"Di PIK-R ini mereka juga mendapatkan serta memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi dalam mempersiapkan kehidupan berkeluarga. Ada konselor sebaya juga, bahkan diberikan pelatihan branding dengan memanfaatkan media sosial agar lebih bijak penggunaannya," papar Pache.

"Harapan kami lahir SDM yang unggul untuk masa depan Kota Depok. Anak unggul dihasilkan dari orang tua hebat, orang tua hebat dihasilkan dari remaja yang memiliki bekal cukup," tandasnya. (JD 05/ED02/EUD02)