Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Klinik Bisnis Didorong Perkuat Stabilitas WUB dalam Berwirausaha

JD 05 - berita depok
Kamis, 22 Februari 2024, 9:51 WIB
Foto: JD 05/Diskominfo. Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) pada Sekretariat Daerah Kota Depok, Mohammad Fitriawan membuka Forum Rencana Kerja (Renja) Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (UMKM) Kota Depok di Hotel Savero, Rabu (21/02/24).

berita.depok.go.id – Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Mohammad Fitriawan mengapresiasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) yang telah mencetak ribuan Wirausaha Baru (WUB), dalam kurun waktu tiga tahun.

Meski demikian, Fitriawan ingin para WUB tersebut terus diberi pendampingan agar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bisa naik kelas. Salah satunya penguatan melalui Klinik Bisnis.

“Jadi yang harus dilakukan itu menjaga stabilitas UMKM, bahkan mendorong mereka naik kelas. Bisnis kan naik turun, maka untuk menjaganya manfaatkan klinik bisnis yang ada,” kata Fitriawan usai membuka Forum Rencana Kerja (Renja) Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (UMKM) Kota Depok di Hotel Savero, Rabu (21/02/24).

Dikatakannya, setiap usaha yang dijalankan akan mengalami banyak masalah, juga tantangan. Mulai dari persoalan modal, manajemen keuangan, sumber daya manusia, pengembangan produk, hingga pemasaran.

Oleh sebab, lanjut dia, pendampingan UMKM melalui klinik bisnis yang akan mendukung para WUB dapat mengatasi masalah dan tantangan yang dihadapi tersebut.

“Supaya mereka bisa tetap bertahan, bertumbuh, dan menjadi pebisnis yang berkelanjutan,” ucapnya.

Fitriawan mengungkapkan, beberapa capaian DKUM Kota Depok dalam program WUB dan Perempuan Pengusaha. Di antaranya, melatih 800 peserta pelatihan desain logo dan kemasan, 1.100 peserta pelatihan manajemen bisnis, dan 1.100 pelatihan digital marketing.

“Lalu, pemberian pelatihan lanjutan kepada 700 peserta kategori perempuan pengusaha kuliner, fesyen, kesehatan, salon, dan lainnya. Peserta pendampingan WUB juga naik omzetnya 0 persen-200 persen pada 2023 sebanyak 882 orang,” pungkasnya. (JD 05/ED 02)