Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Ketua PMI Depok Kembali Lakukan Donor Plasma Konvalesen

JD 08 - berita depok
Selasa, 23 Februari 2021, 13:54 WIB

Ketua PMI Kota Depok saat menjalani donor plasma konvalesen di UDD PMI Kota Depok, Selasa (23/02/21). (Istimewa)

berita.depok.go.id- Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok Dudi Mi’raz, untuk kedua kalinya mendonorkan plasma konvalesen. Hal ini dilakukan mengingat, masih terbentuk antobodi pasca terpapar virus Corona atau Covid-19 beberapa bulan silam.

“Alhamdulillah, saya telah melakukan donor plasma konvalesen kedua kalinya di Markas PMI Kota Depok. Ini merupakan bagian dari rasa syukur karena saya sudah bebas dari Covid-19 beberapa bulan lalu,” ujarnya, Selasa (23/02/21).

Dikatakannya, untuk donor plasma kedua ini,  tahapannya lebih mudah dibadingkan donor pertama tiga minggu lalu. Pasalnya, dia hanya diwawancara dan menjalani tes rapid antibodi. Setelah terdeteksi antibodi, dirinya langsung menjalani donor plasma.

"Tadi dapat 600 cc, dengan rentan waktu 48 menit. Jumlah ini bisa digunakan untuk tiga pasien Covid-19 yang sedang berjuang," terangnya.

Dirinya berharap, plasma ini bisa membantu pasien Covid-19 dalam masa penyembuhan. Pasalnya, sudah ada permintaan 100 kantong plasma dari rumah sakit, sedangkan pihaknya hanya memiliki persediaan dua kantong.

“Plasma ini bagian dari ikhtiar dan terapi untuk pasien yang sedang kritis. Semoga bermanfaat,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)