Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Ketua PKK Jabar Sapa Peserta Kontes Juara Anak Soleh dan Nyantri di Depok

JD 12 - berita depok
Rabu, 29 Maret 2023, 18:24 WIB
News
Ketua TP-PKK Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil saat menyapa peserta KOAS dan Nyantri di Masjid Balai Kota Depok, , Rabu (28/3/23). (Foto: Diskominfo).

berita.depok.go.id - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil menyapa peserta Kontes Juara Anak Sholeh (KOAS) dan Nyakola Nata Karakter Jeung Pangarti (Nyantri) Pramuka di Masjid Balai Kota Depok, Rabu (28/3/23). Kegiatan tersebut masuk dalam rangkaian road Berbagi On The Street (Bubos) ke-7 tahun 2023

"Jadi, memang hari ini itu kita mendorong bagaimana anak-anak kita dipersiapkan untuk menghadapi masa depan, dimulai dari penguatan agama," ujar Atalia, kepada berita.depok.go.id, usai menyapa para peserta lomba.

KOAS tahun ini memperlombakan empat mata lomba yakni Tahfidz Juz 30, Adzan, Pidato Pildacil, dan Musabaqah Makalah Al-Quran (MMQ) braille. Bagi para finalis dari setiap lomba KOAS akan kembali berjuang di babak grand final yang diselenggarakan di Gedung Sate, Kota Bandung pada acara puncak Bubos 2023, pada 13 April.

Sementara Nyantri melombakan dua cabang lomba. Yakni pembuatan kaligrafi dan membuka miniatur masjid.

"Kita melihat bagaimana kemudian semua bekerja sama dan bekerja keras sehingga menghasilkan anak-anak yang luar biasa dan hari ini saja di Kota Depok kita bisa melihat bagaimana hebatnya anak-anak ini," ungkapnya.

"Mulai dari hapalan Al-Quran, bagaimana mereka bisa mengaji dengan baik, melantunkan adzan dengan indahnya, termasuk juga ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya adalah ada MMQ Braille," sambungnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu memberikan penguatan karakter pada anak-anak, termasuk pendalaman agama. Ketika seorang anak dihadapkan dengan permasalahan, maka mereka telah memiliki dasar yang kokoh untuk menghadapi segala tantangan kedepan.

"Kita hari ini juga kolaborasikan dengan buka berkah (Kabah), kita berbagi kebahagiaan dengan 250 orang yang dikumpulkan pada hari ini," ungkapnya

"Sebagai simbol bahwa di bulan penuh berkah ini semua orang harus memiliki keinginan yang sama untuk bersimpati kepada masyarakat lainnya, tidak boleh ada satu pun masyarakat yang tidak bisa makan untuk berbuka atau sahur," sambungnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Depok, Elly Farida mengapresiasi atas terselenggaranya acara tersebut. Ia pun berharap melalui kegiatan ini mampu memberikan banyak manfaat, terutama kolaborasi antara TP-PKK dengan Gerakan Pramuka.

"Ini menjadi salah satu bukti, kami siap melakukan sinergi bagi perkembangan dan kemajuan anak-anak, khususnya menanamkan nilai-nilai spiritual di Ramadan 1444 H ini," ungkapnya.

"Besar harapan kami, semoga KOAS dapat terus berlanjut dan memberikan suatu warna bagi Jawa Barat, bagi tumbuhnya anak-anak soleh dan soliha dan mereka menjadi permata hati belahan jiwa para orang tuanya," tutupnya. (JD 12/ED 01/EUD 04)