Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kesbangpol Ajak Warga Awasi WNA

Kamis, 12 September 2019, 22:30 WIB
Maju

Wali Kota Depok Mohammad Idris usai membuka kegiatan Pembinaan Pemantauan Terpadu Orang Asing dan Organisasi Masyarakat Asing untuk Ketua RT/RW di Wilayah Kecamatan Cimanggis dan Kecamatan Tapos, di Wisma Hijau, Kamis (12/09/19). (Foto : Diskominfo)

Upaya meningkatkan kewaspadaan terhadap keberadaan Warga Negara Asing (WNA), dilakukan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok. Dengan mengajak seluruh RT dan RW dalam membantu melakukan pengawasan, Kesbangpol berharap pendataan maupun pemantauan orang asing menjadi lebih efektif.

“Setiap pemangku wilayah harus bisa mengawasi keberadaan orang yang tidak dikenal, apalagi WNA. Ini sebagai bentuk kewaspadaan, mengingat negara kita adalah negara hukum,” ujar Kepala Kesbangpol Kota Depok, Hakim Siregar di sela kegiatan Pembinaan Pemantauan Terpadu Orang Asing dan Organisasi Masyarakat Asing untuk Ketua RT/RW di Wilayah Kecamatan Cimanggis dan Kecamatan Tapos, di Wisma Hijau, Kamis (12/09/2019).

Diakuinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga bertanggung jawab terhadap keamanan masyarakat. Salah satunya, dengan menciptakan situasi aman atas adanya orang asing.

“Keberadaan WNA yang melakukan berbagai aktivitas di wilayah hukum Indonesia, khususnya di Kota Depok perlu mendapat pengawasan. Karena itu, Kesbangpol Kota Depok akan terus menjalin sinergisitas untuk meningkatkan kewaspadaan dini terhadap orang asing,” katanya

Sementara itu, Kepala Sub Seksi Intelijen Imigrasi Kota Depok, Joko Ardyanto mengatakan, saat ini di Kota Depok terdapat 732 orang asing yang terdata dan sebagian besar berada di Kecamatan Tapos yaitu sebanyak 177 WNA.  Menurutnya, Imigrasi berperan sebagai fasilitator pembangunan ekonomi, penegak hukum dan keamanan.

“Kami ini sebagai lalu lintas WNA dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang masuk, maupun ke luar negara Republik Indonesia (RI). Namun, pemangku wilayah juga harus berperan aktif dalam membantu kami mengawasi WNA,” tutupnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

 

Diskominfo