Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kelurahan Curug Miliki 10 RW Ramah Anak

Selasa, 24 September 2019, 22:40 WIB
Maju

Ilustrasi fasilitas ramah anak di Kelurahan Curug. (Foto: Istimewa)

 Guna mendukung Depok Kota Layak Anak (KLA), Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, terus berupaya menambah jumlah RW Ramah Anak. Tercatat, kini sudah 10 RW Ramah Anak yang telah terbentuk di wilayah tersebut.

“Alhamdulillah sudah terbentuk 10 RW Ramah Anak, dari 11 RW masih ada satu yang belum yaitu di RW 06,” tutur Lurah Curug, Bambang kepada depok.go.id, Selasa (24/09/2019).

Dikatakannya, demi meningkatkan jumlah RW Ramah Anak, pihaknya gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui ketua RT-RW atau dalam berbagai kegiatan di masyarakat. Sebab, dalam pembentukan RW Ramah Anak membutuhkan partisipasi aktif dari masyarakat.

“Selain sosialisasi, kami juga memberikan bimbingan untuk membentuk struktur RW Ramah Anak, baik kepada para ketua RW maupun kader PKK,” jelasnya.

Bambang menambahkan, pembentukan RW Ramah Anak sebagai salah satu bentuk pemenuhan hak anak karena terdapat lima indikator dalam pembentukannya. Pertama, pemenuhan hak sipil dan kebebasan, kedua, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif.

Kemudian ketiga, kesehatan dan kesejahteraan dasar. Keempat, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya. Kelima, perlindungan khusus.

“Semoga dengan dibentuknya RW Ramah Anak, kasus kekerasan terhadap anak tidak ada lagi dan semua pemenuhan hak anak dapat dilakukan secara optimal,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo