Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kebut Menjaga Ketersediaan Darah, PMI Depok Sasar Rumah Ibadah Saat Ramadan

JD 08 - berita depok
Selasa, 19 Maret 2024, 22:32 WIB
Ketua PMI Kota Depok, Dudi Mi’raz. (Foto:Diskominfo)

berita.depok.go.id - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok sejak jauh-jauh hari sudah melakukan berbagai cara untuk menjaga ketersediaan stok darah.

Bahkan, layanan donor darah tetap dibuka selama bulan Ramadan agar ketersediaan darah tetap aman hingga pertengahan April atau setelah Lebaran 2024.

“Dari Januari hingga Maret 2024, kami sudah kebut untuk ketersedian darah di bulan Ramadan. InsyaAllah, stok darah aman. Bulan ini pun kami masih kejar dengan program Mobile Unit (MU) dengan menyasar rumah ibadah,” ujar Ketua PMI Kota Depok, Dudi Mi’raz, di ruang kerjanya, Selasa (19/03/24).

Dudi menjelaskan, jumlah kantong darah yang tersedia sampai hari ini pukul 15.30 WIB, ada sebanyak 218 kantong darah, yang terdiri dari semua jenis golongan. Di antaranya, golongan A sebanyak 40 labu darah, golongan B sebanyak 80 labu, golongan O sebanyak 85 dan golongan darah AB sebanyak 13.

“Walaupun aman, bulan Ramadan kami tetap roadshow ke berbagai lokasi yang sudah terjadwal,” jelasnya.

Dia menuturkan, jumlah kantong darah saat ini masih mencukupi, namun dirinya terus berharap sumbangsih masyarakat agar bisa mendonorkan darah untuk kepentingan sesama.

“Mudah-mudahan, usai lebaran, stok darah masih tetap aman,” tutupnya. (JD 08/ED 02)