Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Jelang Pelaksanaan ASO di Jabodetabek, Kemenkominfo Minta Dukungan Semua Pihak

JD 08 - berita depok
Jumat, 23 September 2022, 15:13 WIB

berita.depok.go.id- Sebagai tahap akhir persiapan menyambut penghentian siaran televisi analog terestrial atau yang dikenal dengan Analog Switch Off (ASO) di Jabodetabek, Ketua Tim Komunikasi Publik Migrasi TV Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Rosarita Niken Widiastuti, mengimbau agar segenap pihak yang berkepentingan dan juga masyarakat untuk mendukung proses transisi ke siaran digital. Dengan begitu, proses transisi ini bisa berjalan dengan baik.

“Pertama, kepada seluruh lembaga penyiaran diminta untuk meningkatkan intensitas sosialisasi kepada masyarakat mengenai manfaat dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk beralih ke siaran televisi digital,” ujarnya dalam Kegiatan Penyampaian Jadwal Penghentian Siaran TV Analog di Wilayah Jabodetabek melalui virtual, Jumat (23/09/22).

Niken menyebut, bagi seluruh warga Jabodetabek yang sehari-hari menggunakan siaran televisi analog, serta telah memiliki kesempatan untuk bermigrasi ke siaran televisi digital, agar segera beralih tanpa menunggu hingga 5 Oktober 2022 saat siaran televisi analog sudah tidak bisa disaksikan. Ketiga, kepada produsen dan pedagang perangkat elektronik untuk memastikan ketersediaan dan kemudahan pembelian Set Top Box (STB) bagi masyarakat yang akan membeli.

“Keempat, para penyelenggara multipleksing yang melakukan pembagian bantuan STB di Jabodetabek agar menyelesaikan distribusi sesuai dengan ketentuan, dan yang kelima, para penyelenggara multipleksing agar mengoptimalkan kualitas sinyal siaran digital saat masa transisi menuju ASO pada 5 Oktober 2022,” ungkapnya.

Dia menambahkan, Jabodetabek merupakan episentrum dari kegiatan pertelevisian di Indonesia. Oleh karena itu, dirinya berharap agar pelaksanaan ASO di Jabodetabek bisa memberi manfaat siaran digital kepada masyarakat.

“Serta sekaligus sebagai momentum menjelang pelaksanaan ASO secara nasional pada 2 November 2022,” pungkasnya. (JD 08/ED 01/EUD02)