Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Jaga Akses Sanitasi Aman, Kadis PUPR Minta Warga Rutin Lakukan Penyedotan Septik Tank

JD 08 - berita depok
Jumat, 22 Maret 2024, 22:04 WIB
Leaflet digital DPUPR Kota Depok. (Tangkapan layar IG dinaspupr_depok)

berita.depok.go.id - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Kadis PUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianty meminta masyarakat untuk melakukan sedot tangki septik secara rutin. Upaya tersebut untuk menjaga agar sanitasi tetap aman.

"Sanitasi yang aman tidak berhenti sampai memiliki penampungan air limbah rumah tangga di tangki septik, tetapi juga penyedotan dan pengangkutan lumpur tinja

sampai ke Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT)," ujarnya, Jumat (22/03/24).

Dikatakannya, penyedotan bisa dilakukan setiap tiga hingga lima tahun sekali. Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak menunggu tangki septik bermasalah, karena akan berdampak buruk untuk lingkungan.

"Tangki septik kita akan penuh dan rawan kebocoran, sehingga air limbah rumah tangga akan meluap. Luapan air limbah rumah tangga mengandung Bakteri Koli (Escherichia coli). Bakeri ini yang ada dalam tinja manusia, dapat mencemari sumber air dan lingkungan," tambahnya.

Citra juga menyebut, Bakteri Koli dapat menyebabkan gangguan pencernaan, infeksi usus, diare, sakit perut serta demam.

"Untuk menghindari hal tersebut, masyarakat bisa menghubungi Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) IPLT di nomor 021-7750551 atau 0811-1043-175," katanya.

"Nanti ada petugas kami yang mengatur jadwal penyedotan. Jangan sampai hanya karena masalah tangki septik, memengaruhi kesehatan keluarga. Segera hubungi ahlinya," tutup Citra seraya mengajak. (JD 08/ED 02)