Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Hari Batik Nasional Momentum untuk Lestarikan Batik Depok

Rabu, 2 Oktober 2019, 17:43 WIB
Maju

Ketua Dekranasda Kota Depok, Elly Farida. (Foto: Bima/Diskominfo).

Memperingati Hari Batik Nasional, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok, Elly Farida mengajak masyarakat di Kota Depok untuk ikut melestarikan batik khususnya batik Depok. Terlebih, batik Depok memiliki filosofi yang mendalam tentang Kota Depok.

“Menyambut Hari Batik Nasional ini, saya ingin mengajak kepada warga untuk mengenakan batik Depok. Hal ini sebagai upaya kita  membudayakan dan melestarikan batik Depok,” tutur Bunda Elly, sapaannya, kepada depok.go.id, Rabu (02/10/2019).

Dikatakannya, saat ini Kota Depok telah mematenkan 26 motif batik. Seperti Tugu Sawangan, ikan hias (manfish), belimbing, rebut dandang, dan sejarah Depok.

Dirinya menambahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga terus mendukung dan mengakomodir para perajin batik. Salah satunya, dengan mengenakan batik yang diproduksi perajin lokal dalam berbagai kegiatan resmi.

Lebih lanjut, ucap Bunda Elly, pihaknya bersama Pemkot Depok akan terus berupaya mengembangkan batik Depok melalui berbagai kegiatan. Antara lain produksi, desain, hingga mengadakan peragaan busana dengan tema batik Depok.

“Bagi warga yang ingin membeli batik Depok bisa berkunjung ke Gedung Dekranasda di Balai Kota Depok. Di sana tersedia berbagai jenis batik depok,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques

Editor: Dunih

Diskominfo