Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

HAN 2020, Momentum Pemenuhan Hak Anak Saat Pandemi

JD 02 - berita depok
Selasa, 18 Agustus 2020, 13:15 WIB

Wali Kota Depok Mohammad Idris bersama pemenang lomba saat Peringatan HAN Kota Depok Tahun 2020. (Foto: JD04)

berita.depok.go.id-Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, peringatan Hari Anak Nasional (HAN) menjadi momentum penting dalam menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen terhadap pemenuhan hak anak. Mengingat, selama pandemi Covid-19, semua masyarakat mengalami dampaknya, termasuk anak-anak.

“Melalui peringatan HAN bisa menjadi motivasi bagi semua. Meski pandemi, namun tidak menyurutkan komitmen untuk memberikan perhatian dan pemenuhan hak anak,” kata Mohammad Idris saat peringatan HAN Kota Depok Tahun 2020 secara virtual, Selasa (18/08/20).

Dikatakannya, upaya pemenuhan dan perlindungan hak anak dalam masa pandemi Covid-19 menghadapi beberapa tantangan. Sebab, ucapnya, terdapat sejumlah dampak negatif bagi anak.

Di antaranya, kehilangan pengasuhan, mengalami kekerasan baik verbal maupun non verbal, serta kekerurangan kesempatan untuk bermain, belajar, dan berkreasi. Selain itu, sambung Mohammad Idris, diterapkannya jaga jarak maupun belajar di rumah.

“Selama pandemi ini, anak mengalami keterbatasan dalam melakukan aktivitas. Namun perhatian dan pemenuhan akan hak anak harus terus dilakukan agar dapat tumbuh dan berkembang secara wajar,” tandasnya. (JD02/ED02/EUD02)