Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Gaungkan Literasi Membaca, Disdik Serahkan Ratusan Buku untuk Perpustakaan Umum Depok

JD 08 - berita depok
Minggu, 5 Mei 2024, 16:01 WIB
Wali Kota Depok Mohammad Idris (kiri) secara simbolis menyerahkan buku hasil karya sekolah kepada Kepala Diskarpus Kota Depok Utang Wardaya (kanan) dalam acara Semarak Hardiknas 2024 di Alun-alun Kota Depok, Sabtu (04/05/24). (Foto: Diskominfo Depok).

berita.depok.go.id - Dinas Pendidikan (Disdik) menyerahkan ratusan buku, karya satuan pendidikan dari mulai Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok.

Ini merupakan hasil dari program One School One Book atau satu sekolah membuat minimal satu karya tulis dalam bentuk buku.

Kepala Disdik Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, dalam kurun waktu penerapan Merdeka Belajar, pihaknya telah menggagas Program One School One Book. 

Hasilnya, terdapat 554 judul buku terkumpul dari total 215 sekolah.

"Kami ada program satu sekolah satu buku sebagai gerakan literasi. Kami minta dari setiap sekolah yang ada, baik negeri maupun swasta, membuat buku. Apakah itu karya pribadi guru atau pelajar, atau karya antologi," ujarnya, usai penyerahan buku secara simbolis kepada Diskarpus Kota Depok dalam acara semarak Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 tingkat Kota Depok di Alun-alun Kota Depok, kemarin (04/05/24).

Diharapkan, buku yang diserahkan tersebut, bisa menambah koleksi buku dan bermanfaat untuk pengunjung perpustakaan umum Kota Depok. 

"Alhamdulillah, banyak sekolah yang sudah mengumpulkan dan ada 500 lebih judul buku. Ini luar biasa, gerakan literasi kita, satu sekolah, satu buku," ungkapnya. 

"Mudah-mudahan guru, tenaga kependidikan dan siswa bisa terus menggaungkan semangat literasi melalui karya-karya ilmiahnya," tutupnya. (JD 08/ ED 01).