Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Edukasi Penggunaan Obat dengan Cermat, Dinkes Adakan Pertemuan untuk Tenaga Kefarmasian

JD 02 - berita depok
Jumat, 9 September 2022, 11:00 WIB

berita.depok.go.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengadakan kegiatan Pertemuan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) dan Penggunaan Obat Rasional (POR) untuk Tenaga Kefarmasian. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari pada 7 - 8 September 2022 di aula teratai Balai Kota Depok. 

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin telah mencanangkan Gema Cermat. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan obat secara benar. 

“Melalui Gema Cermat, pemerintah bersama masyarakat berupaya mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan obat secara tepat dan benar,” ungkapnya.

Menurut Mary, kurangnya pemahaman masyarakat dan informasi dari tenaga kesehatan menyebabkan masyarakat menggunakan antibiotik tanpa supervisi tenaga kesehatan. Banyak masyarakat yang membeli antibiotik secara bebas tanpa resep dokter dapat memicu terjadinya masalah resistensi antibiotik.

Lanjutnya, dengan permasalahan tersebut, pihaknya memberikan pembekalan agen perubahan melalui pertemuan ini kepada tenaga kesehatan yang bertugas di rumah sakit khususnya untuk tenaga kefarmasian rumah sakit, klinik, dan apotek. Diharapkan ke depannya tenaga kefarmasian dapat meningkatkan peran dalam penerapan penggunaan obat secara rasional. 

“Serta para tenaga kefarmasian dapat melakukan penerapan dalam pembuatan pelaporannya sehingga tercipta pelayanan kefarmasian yang sesuai Standar Pelayanan Kefarmasian di rumah sakit, klinik, dan apotek,” pungkasnya. (JD02/ED02/EUD02)