Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

DLHK Lakukan Penghijauan dengan Metode Eco Sharing

Rabu, 25 September 2019, 19:58 WIB
Maju

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok melakukan penghijauan dengan menanam pohon di halaman Ruko sepanjang Jalan Margonda Raya, Rabu (25/09/2019). (Foto : Bima/Diskominfo)

Upaya mengatasi pemanasan global (global warming) yang sudah mulai terasa di Kota Depok, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok melakukan penghijauan di sepanjang Jalan Margonda. Kegiatan ini menggunakan metode Eco Sharing atau dengan pelibatan pelaku usaha.

“Eco Sharing yang dimaksud di sini yaitu DLHK membantu membuat lubang tanam dan menyediakan pupuk, sementara pengelola ruko menyediakan tanaman yang telah ditentukan. Sosialiasasi telah kita lakukan sejak jauh-jauh hari,” ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok, Eti Yuniarti, di lokasi penanaman, Jalan Margonda Raya, Rabu (25/09/2019).

Dikatakannya, kegiatan ini memiliki beberapa landasan. Salah satunya, Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 9 Tahun 2015 tentang Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Selain itu, ada juga Perda Kota Depok Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Kota Hijau.

“Menurut data yang kami himpun, terdapat 74 ruko di Margonda dengan panjang jalan kurang lebih enam kilometer. Ke-74 ruko ini harus taat terhadap aturan yang berlaku. Sanksi tegas berupa pencabutan izin usaha bisa diberlakukan jika pelaku usaha tidak kooperatif,” tegasnya.

Adapun jenis tanaman yang harus disediakan pemilik ruko adalah kamboja bali dengan tinggi minimal 1,5 meter dan diameter batang minimal 8 cm. Untuk pembuatan lubang tanam, DLHK melibatkan Satuan Tugas (Satgas) Pohon dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Workshop Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok.

“Setelah kami lakukan penanaman, pemilik toko wajib memelihara dan melakukan perawatan secara rutin. Ke depan DLHK akan melakukan evaluasi,” tutupnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih

Diskominfo