Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Dinkes Minta Warga Kenali Gejala DBD

JD 02 - berita depok
Rabu, 5 Februari 2020, 14:23 WIB

Petugas Puskesmas saat melakukan pemantauan jentik nyamuk. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypty akan meningkat saat musim hujan. Masyarakat harus mengenali dan mengetahui tanda serta gejala awal penyakit DBD agar dapat segera ditangai oleh tenaga medis.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita menjelaskan, tanda awal penderita DBD yaitu demam selama dua hari. Masyarakat harus dapat membedakan demam penderita DBD dengan demam biasa.

“Tanda awal DBD ini demam, namun disertai dengan sakit kepala, muntah-muntah, dan keluar bintik merah pada kulit,” jelasnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (05/02/20).

Novarita menuturkan, seseorang yang terkena DBD, suhu tubuhnya juga mengalami. Pada umumnya, ujar Novarita, disertai nyeri sendi, otot, tulang, serta nyeri di bagian belakang mata.

Dikatakan Novarita, penderita DBD juga akan merasakan gejala kerusakan pada pembuluh darah dan kelenjar getah bening, pembengkakan organ hati yang  menyebabkan nyeri di sekitar perut. Selain itu juga keluarnya darah dari gusi dan hidung serta napas terengah-engah.

“Seluruh tanda dan gejala ini harus diketahui masyarakat dan segera berobat ke fasilitas kesehatan agar mendapatkan pengobatan lebih lanjut,” tuturnya.

Terakhir, Novarita berpesan kepada seluruh masyarakat di Kota Depok untuk mewaspadai kasus DBD dan melakukan pencegahan. Tentunya, dengan menerapkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Yaitu menguras, menutup, dan memanfaatkan kembali barang bekas, plus mencegah gigitan nyamuk (3M Plus). (JD02/ED 02/EUD 02)