Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Depok Dapat Sebutan The Best Creator dalam Pembangunan Keluarga

Rabu, 26 Februari 2020, 18:14 WIB

Direktur Bina Ketahanan Remaja Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Eka Sulistia Ediningsih (Foto: Diskominfo)

berita.depok.go.id-Berbagai program pembangunan keluarga yang dimiliki Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) dinilai positif. Bahkan Kota Depok mendapat sebutan The Best Creator dalam pembangunan keluarga oleh Direktur Bina Ketahanan Remaja Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Eka Sulistia Ediningsih.

Menurut Eka, sebutan The Best Creator disematkan untuk Kota Depok karena sudah memiliki banyak inovasi. Dengan demikian, ujarnya, Kota Depok menjadi inspirasi yang bisa ditiru daerah lain.

“Contohnya saja kalau dilihat prestasi, Duta Generasi Berencana (Genre) tahun 2019 berasal dari Depok, dan itu memiliki program kerja luar biasa yang dihasilkan dari anak muda Depok,” kata Eka kepada berita.depok.go.id usai menjadi narasumber dalam Forum Renja DPAPMK Kota Depok, Hotel Bumi Wiyata, Margonda, Rabu (26/02/20).

Lebih lanjut, ucapnya, kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR) Pepaya yang terletak di Pencoran Mas memiliki program yang sangat kreatif. Sebab, dalam setiap kegiatannya memberikan edukasi pada keluarga dengan cara baru dan tidak memakai cara lama yang konvensional.

“BKR Pepaya ini menggabungkan edukasi kepada keluarga dan remaja secara bersama-sama. Ini inspirasi yang sangat bagus sekali dan dibutuhkan generasi milenial,” tuturnya.

Program lainnya, sambung Eka, yakni adanya Sekolah Pra Nikah (SPN). Bahkan Depok sudah mewisuda para calon pengantin. Tentu materi yang diberi tidak membosankan dan sangat kekinian.

Selain itu, sambung Eka, ada juga sekolah ayah bunda, dengan materi yang sangat bagus dan yang baru bagi banyak wilayah yakni mengenai pengasuhan ayah. Dikatakannya, peran ayah dalam tumbuh kembang anak sangat dibutuhkan bagi generasi penerus bangsa.

“Adanya sesi pengasuhan ayah ini keren banget. Karena ayah dan ibu harus bersama-sama untuk mengiringi tumbuh kembang anak agar optimal,” tuturnya.

Dirinya berharap dengan adanya kesungguhan Depok dalam pembangunan keluarga bisa lebih terimplementasikan dengan baik. Dengan begitu, ke depannya dapat terwujud keluarga berkualitas yang tentram, mandiri, dan bahagia. (JD 06/ED02/EUD 02)