Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Cegah Penyakit Berbahaya, UPT Puskesmas Cilodong Adakan Pemetaan Wilayah

admin - berita depok
Rabu, 17 Juli 2019, 13:29 WIB

Kepala UPT Puskesmas Cilodong, Hendrik Alamsyah. (Foto :Diskominfo)

depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cilodong akan melakukan pemetaan terhadap berbagai penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat di wilayah Kecamatan Cilodong. Pemetaan tersebut guna mengetahui berbagai masalah kesehatan yang diderita warga, sehingga memudahkan dalam penanganannya.

“Jadi, sebelum pemetaan, kita akan melakukan pendataan terhadap berbagai masalah kesehatan yang sering diderita warga. Kemudian dilakukan pemetaan wilayah mana saja yang paling besar mengalami masalah kesehatan, sehingga nanti kita bisa menentukan langkah-langkah untuk menanganinya,” tutur Kepala UPT Puskesmas Cilodong, Hendrik Alamsyah kepada depok.go.id, baru-baru ini.

Lebih lanjut, ucap Hendrik, melalui pemetaaan tersebut juga memudahkan dalam mendeteksi kasus penyakit baru yang diderita oleh masyarakat. Dengan begitu, dapat ditangani lebih dini untuk mencegah penyebarannya.

“Misalnya penyakit TB.  Kalau wilayah yang sudah endemik TB, maka akan sangat berbahaya dan terus menyebar. Hal ini disebabkan adanya resistensi kuman yang sangat susah untuk dikendalikan,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, untuk menyukseskan program ini, tidak dapat dilakukan pihaknya sendiri. Namun, dibutuhkan sinergisitas dengan pemangku wilayah setempat, baik camat, lurah, ketua RT/RW, dan lainnya.

“Kita akan melakukan pendekatan dengan pemangku kepentingan untuk menanggulangi masalah kesehatan secara bersama. Jika ditemukan adanya penyakit tertentu, kita akan mengadakan pelayanan kesehatan di situ,” ucapnya.

Penulis : Jose Marques

Editor: Dunih

Diskominfo