Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Bunda Literasi Depok Ajak Guru dan Siswa Bangkitkan Budaya Membaca

JD 08 - berita depok
Selasa, 7 Mei 2024, 9:52 WIB
Bunda Literasi Kota Depok Elly Farida. (Foto: Diskominfo)

berita.depok.go.id - Bunda Literasi Kota Depok Elly Farida mengajak guru maupun siswa untuk dapat membangkitkan budaya membaca. 

Ajakan ini akan berdampak pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), seperti kecerdasan, kesejahteraan, dan kebahagiaan masing-masing individu.

"Masih dalam suasana Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), saya selaku Bunda Literasi mengajak seluruh unsur terlebih para guru yang merupakan fasilitator, kreator bahkan katalisator untuk membangun dan membangkitkan budaya membaca pada anak-anak (siswa)," ujarnya, Selasa (07/05/24).

Bunda Elly, sapaan akrabnya, menyebut, hasil dari budaya literasi bisa melahirkan karya-karya yang membanggakan. Menurutnya, semangat literasi perlu dimasifkan.

"Ini perlu dimasifkan, bahwa lewat literasi kita harus bergerak mengajak seluruh masyarakat melakukan budaya membaca dan menulis, hingga berkembang menjadi salah satu potensi," jelasnya.

Menurutnya, literasi dapat juga membangkitkan satu proses dari bakat-bakat anak yang memiliki minat maupun keinginan terpendam.

Untuk itu, ungkapnya, segala bentuk karya yang dihasilkan siswa, baik itu buku, lukisan, gambar dan lain sebagainya, hendaknya diapresiasi. Karena ini merupakan hasil dari literasi yang dituangkan ke dalam sebuah karya," sambungnya.

"Kalau bukan kita yang memfasilitasi dan menghargai, siapa lagi. Ayo budayakan membaca dan menulis," tutupnya, seraya mengajak. (JD 08/ED02)