Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Belasan Ribu Penduduk Keluar-Masuk Kota Depok Selama Januari hingga Maret 2024

JD 03 - berita depok
Rabu, 17 April 2024, 17:12 WIB
News
Loket pelayanan Disdukcapil Kota Depok. (Foto: Diskominfo Kota Depok/ilustrasi)

berita.depok.go.id - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, mencatat selama periode Januari hingga Maret 2024 ada 18.978 penduduk yang pindah datang ke Depok. 

Selain itu ada 11.621 penduduk melakukan pemindahan keluar dari Kota Depok. 

"Dalam rentang waktu tersebut, tercatat 18.978 penduduk yang pindah datang ke Depok, sedangkan 11.621 penduduk melakukan pemindahan keluar dari Kota Depok," ungkap Kepala Disdukcapil Kota Depok, Nuraeni Widayatti kepada berita.depok.go.id, Kamis (18/04/24). 

Nuraeni menjelaskan bahwa data yang disampaikan merupakan data de jure, yang berarti secara administratif kependudukan, individu tersebut telah mengurus kepindahannya ke Disdukcapil Kota Depok. 

Sementara untuk data non permanen, hingga Januari-Maret 2024, terdapat 3.285 individu yang terdaftar melalui link pendaftaran penduduk non permanen.

"Harapannya, penduduk non permanen yang telah lama tinggal di Depok dapat segera mengajukan proses pindah sesuai dengan domisili mereka, sehingga data registrasi dari Disdukcapil dapat sejalan dengan data Badan Pusat Statistik (BPS)," tambahnya.

Meskipun demikian, Nuraeni memberikan himbauan sesuai dengan arahan Wali Kota bahwa penduduk yang pindah ke Depok sebaiknya telah memiliki tempat tinggal dengan alamat yang jelas, pekerjaan tetap, serta aset kepemilikan rumah.

Jika mereka tinggal dalam kontrak atau kos, harus ada persetujuan atau surat pernyataan dari pemilik rumah untuk mencantumkan alamat tersebut pada Kartu Keluarga (KK).

"Saat ini, berdasarkan informasi dari Disdukcapil DKI Jakarta, diperkirakan terdapat 18.367 penduduk yang memiliki KTP dan KK DKI namun tinggal di Kota Depok," ungkapnya. 

"Dari data pemindahan warga DKI ke Depok pada bulan Januari hingga Februari sementara data untuk Maret masih dalam proses, sekitar 4.000 orang telah melakukan proses pindah dan menjadi warga Depok," tutupnya.( JD03/ED 01).